Pentingnya Platform Digital Bagi Pengusaha, Diyakini Bisa Bantu Kembangkan Bisnis
Jumpa pers daring Mekari terkait platform digital bagi pengusaha pada Selasa (10/9). (RianAlfianto/JawaPos.com)
16:28
10 September 2024

Pentingnya Platform Digital Bagi Pengusaha, Diyakini Bisa Bantu Kembangkan Bisnis

Platform digital mencakup solusi berupa aplikasi dan software saat ini banyak digunakan para pengusaha baik di level rintisan hingga yang kelas kakap. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir, software berbasis awan semakin menjadi bagian utama dari transformasi digital perusahaan di Indonesia.   Hal ini dikemukakan oleh salah satu pemain solusi digital Mekari dalam laporan riset terbaru mereka. Melalui jumpa pers daring pada Selasa (10/9), Mekari mengungkapkan bahwa saat ini, 65% dari perusahaan ukuran menengah dan besar di Kota-kota besar di Indonesia sudah sadar, atau aware bahwa transformasi digital meningkatkan efektivitas dan efisiensi bisnis.    "Bahkan, 73% perusahaan yang belum memanfaatkan software berbasis awan berencana untuk mengadopsinya di dalam 2 tahun mendatang," kata Suwandi Soh, selaku CEO Mekari dalam paparannya.  

  Suwandi melanjutkan bahwa awareness yang tinggi akan mendorong perusahaan untuk menerapkan teknologi berupa software berbasis awan dengan segera untuk memperlancar pengoperasian bisnis dan mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan, atau sustainable business growth.   “Penggunaan software berbasis awan oleh perusahaan semakin marak, di mana riset menguak bahwa 55% dari perusahaan telah menggunakan teknologi tersebut selama lebih dari 3 tahun," lanjut Suwandi.   Dirinya juga mengaku menemukan bahwa mayoritas, atau 52%, responden telah menyaksikan peningkatan efektivitas pekerjaan setelah memanfaatkan software berbasis awan. "Peningkatan efektivitas ini akan menjadi basis pertumbuhan bisnis secara berkelanjutan di jangka panjang,” lanjutnya.  

  Dampak positif software berbasis awan sejauh ini akan meyakinkan perusahaan untuk memperluas adopsi teknologi agar mereka bisa merasakan lebih banyak manfaat transformasi digital bagi pertumbuhan bisnis secara berkelanjutan.   Dalam kesempatan yang sama, Christian Marpaung, Periset, Litbang Kompas, mengatakan riset mendapatkan bahwa sekitar 85% dari perusahaan antusias dan siap menghadapi perkembangan teknologi masa depan.   “Antusiasme ini berakar dari keyakinan perusahaan bahwa transformasi digital akan membantu mereka menciptakan dan memanfaatkan peluang bisnis di pasar,” ungkapnya.  

  Perusahaan pun proaktif dalam menerapkan strategi, termasuk memupuk digital talents serta memajukan infrastruktur teknologi yang mereka miliki, untuk memastikan bahwa implementasi teknologi kedepannya berjalan dengan baik.   “Berdasarkan survei, perusahaan di Indonesia sudah mulai melirik ke teknologi yang berkaitan dengan database, awan, blockchain, dan kecerdasan buatan, atau artificial intelligence (AI), karena mereka melihat potensi pengembangan yang sangat menjanjikan,” tutupnya.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #pentingnya #platform #digital #bagi #pengusaha #diyakini #bisa #bantu #kembangkan #bisnis

KOMENTAR