Kominfo Kolaborasi Nexticorn Foundation untuk Dorong Startup Temukan Pendanaan
Konferensi pers Next-Hub Global Summit di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta Pusat, Selasa (10/9/2024). 
15:00
10 September 2024

Kominfo Kolaborasi Nexticorn Foundation untuk Dorong Startup Temukan Pendanaan

Beberapa tahun terakhir dunia usaha terdampak fenomena Tech Winter yang membawa tantangan serius bagi pertumbuhan sektor digital, khususnya start-up atau perusahaan rintisan.

Ketidakpastian ekonomi dan dinamika geo-politik global berpengaruh pada perkembangan ekosistem start-up di berbagai belahan dunia.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sebagai fasilitator mengembangkan beberapa program unggulan untuk mendorong pertumbuhan ekosistem startup yang tangguh dan berkelanjutan.

Program tersebut diantaranya Gerakan 1000 Start-up Digital, yang ditujukan untuk membina startup digital dari perintisan sampai entry-level stage.

Ada juga program Startup Studio, yang dirancang untuk memfasilitasi early-stage startup agar mencapai product-market fit.

Mendorong pertumbuhan startup di Tanah Air, Kominfo berkolaborasi dengan Nexticorn Foundation menginisiasi Next-Hub Global Summit dengan tema "Defrost The Tech Winter" yang akan diadakan pada 23 - 25 september 2024 di Nusa Dua, Bali.

"Acara ini akan dihadiri oleh 140 early-stage dan later-stage start-up, lebih dari 120 venture capital yang berasal dari berbagai belahan dunia, seperti Asia, Amerika dan Eropa, serta lebih dari 20 Global Enterprises," tutur Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia Budi Arie Setiadi dalam Konferensi Pers Next-Hub Global Summit 2024, Jakarta, Selasa (10/9/2024).

Untuk event ini, Kominfo juga berkolaborasi dengan Techsauce Media untuk menghadirkan global conference, yang membahas peluang dan tantangan pengembangan start-up digital di Asia Tenggara, serta mendorong kerja sama antarnegara dalam menghadapi tantangan global.

"Saya rasa tidak berlebihan jika saya menyatakan bahwa agenda ini akan menjadi The Biggest Startup Matchmaking Event In The Region, dengan misi untuk membangun ekosistem start-up nasional yang agile, resillient, berdaulat dan berkelanjutan," ungkap Budi Arie.

Chairman Nexticorn Foundation Rudiantara, berharap melalui kegiatan yang akan berlangsung di Bali akan berdampak baik bagi ekosistem startup Tanah Air.

"Mudah-mudahan ekosistem startup kita makin baik, untuk semua stage, baik dari early maupun later-stage. Ini adalah contoh gotong royong antara pemerintah Kominfo dengan Nexticorn," ucap Rudiantara.

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #kominfo #kolaborasi #nexticorn #foundation #untuk #dorong #startup #temukan #pendanaan

KOMENTAR