Waspada! Gamer Muda Jadi Target Penjahat Siber pada H1 2024, Dibandingkan H2 2023
Ilustrasi main game. (Dok: kineticsoundsystem.com)
11:00
9 September 2024

Waspada! Gamer Muda Jadi Target Penjahat Siber pada H1 2024, Dibandingkan H2 2023

Menurut para ahli Kaspersky, jumlah pengguna unik yang menjadi target pelaku kejahatan dunia maya yang mengeksploitasi permainan anak-anak populer sebagai umpan melonjak hingga 30 persen dalam enam bulan pertama tahun 2024 dibandingkan dengan semester kedua tahun 2023.

Para peneliti menganalisis risiko keamanan dalam game bagi para pemain muda dan menemukan bahwa lebih dari 132.000 pengguna telah menjadi target pelaku
kejahatan dunia maya.

Kaspersky menyelidiki ancaman yang disamarkan sebagai video game anak-anak populer dan menganalisis periode dari 1 Juli 2023 hingga 30 Juni 2024.

Selama periode yang dilaporkan, solusi keamanan Kaspersky mendeteksi lebih dari 6,6 juta percobaan serangan, di mana penjahat siber mengeksploitasi merek game anak-anak sebagai umpan.

Baca Juga: Level Up Kecerdasanmu dengan Brain Test All-Star: IQ Boost

Dari 18 game yang dipilih untuk penelitian ini, sebagian besar serangan terkait dengan Minecraft, Roblox, dan Among Us.

Menurut statistik Kaspersky, lebih dari 3 juta percobaan serangan dengan kedok Minecraft diluncurkan selama periode yang dilaporkan. Kemungkinan besar, penjahat dunia maya memilih metode serangan ini berdasarkan popularitas game di kalangan pemain, serta kemampuan gamer untuk menggunakan cheat dan mod.

Minecraft (minecraft.net)Minecraft (minecraft.net)

Karena sebagian besar mod dan cheat didistribusikan di situs web pihak ketiga, penyerang menyamarkan malware dengan berpura-pura sebagai aplikasi ini.

Pakar Kaspersky percaya bahwa tingkat keberhasilan yang lebih tinggi pada 2024 dapat dijelaskan oleh tren yang diamati dalam perkembangan terkini lanskap ancaman siber secara umum.

Di satu sisi, mengikuti tren populer, penjahat siber meluncurkan serangan yang lebih licik, memanfaatkan agenda terkini dan menyusun skema yang kabur, alih-alih menggunakan serangan umum.

Baca Juga: Update Terbaru Free Fire September 2024, Ada Karakter Anyar dan Event Gloo

Di sisi lain, penjahat siber semakin banyak menggunakan AI untuk mengotomatiskan dan mempersonalisasi serangan phishing yang lebih mungkin menarik para gamer muda.

Pada saat yang sama, perangkat phishing canggih baru, yang dibuat dengan alat otomatis terus muncul di dark web, sehingga memungkinkan semakin banyak penyerang untuk menyebarkan situs phishing paling efektif yang meniru platform game populer.

Salah satu penipuan paling umum dalam permainan adalah tawaran untuk menerima skin baru untuk karakter pemain yang meningkatkan keterampilan sang
pahlawan.

Beberapa skin umum, sementara yang lain sangat langka dan, oleh karena itu, lebih diinginkan.

Pakar Kaspersky telah menemukan contoh penipuan yang menggunakan nama gim populer Valorant dan YouTuber terkenal di dunia Mr. Beast.

Dengan memilih blogger ini dan menggunakan fotonya, para penipu bertujuan untuk menarik perhatian anak-anak dan membuat mereka terpikat pada penipuan tersebut.

Untuk menerima skin Mr. Beast yang diinginkan, gamer muda ini diminta untuk memasukkan login dan kata sandi untuk akun gim mereka, yang memungkinkan kredensial berpotensi dicuri oleh penipu.

Ilustrasi Malware (Pexel.com/solarseven)Ilustrasi Malware (Pexel.com/solarseven)

Perangkap populer lainnya adalah tawaran untuk menerima mata uang dalam game.

Dalam salah satu penipuan yang ditemukan yang mengeksploitasi merek Pokémon GO, pengguna diminta untuk memasukkan nama pengguna untuk akun game mereka.

Selanjutnya, mereka diminta untuk mengikuti survei untuk membuktikan bahwa mereka bukan bot.

Setelah survei selesai, mereka diarahkan ke situs web palsu, biasanya yang menjanjikan hadiah atau undian gratis.

Di sinilah penipuan sebenarnya dimulai. Para penipu sebenarnya tidak mengincar data pribadi seperti detail kartu kredit; mereka menggunakan kedok game untuk memikat pengguna ke tipuan lain.

Seluruh proses ini adalah cara cerdas untuk mengarahkan pengguna ke penipuan lain yang lebih berbahaya dengan kedok langkah verifikasi yang sah.

“Sepanjang penelitian, kami melihat serangan terhadap anak-anak menjadi vektor umum aktivitas penjahat dunia maya," kata Vasily M. Kolesnikov, pakar keamanan di Kaspersky dalam keterangan resminya, Senin (9/9/2024).

Itulah sebabnya edukasi kebersihan siber dan penggunaan solusi keamanan dunia maya tepercaya menjadi 'keharusan' dalam membangun keselamatan anak-anak di lingkungan daring.

"Dengan menumbuhkan pemikiran kritis, perilaku daring yang bertanggung jawab, dan pemahaman yang kuat tentang risiko keamanan, kita dapat menciptakan pengalaman daring yang lebih aman dan lebih positif bagi generasi digital native ini,” pungkasnya.

Editor: Dythia Novianty

Tag:  #waspada #gamer #muda #jadi #target #penjahat #siber #pada #2024 #dibandingkan #2023

KOMENTAR