Seri iPhone 16 Dukung Format JPEG-XL, Tapi Belum Bisa Rekam 8K
Ilustrasi iPhone. [Ameen ALmayuf/Unsplash]
09:56
9 September 2024

Seri iPhone 16 Dukung Format JPEG-XL, Tapi Belum Bisa Rekam 8K

Apple akan meluncurkan seri iPhone 16 pada Selasa (10/9/2024) pukul 00.00 dini hari WIB. Acara ini akan memperkenalkan empat model, mencakup iPhone 16, Plus, Pro, dan Pro Max.

Banyak bocoran dan rumor yang beredar terkait seri tersebut, terbaru seri iPhone 16 idak akan mendukung perekaman video 8K. Padahal, fitur tersebut telah ditawarkan oleh ponsel Android unggulan selama bertahun-tahun saat ini.

Ketika Apple beralih ke sensor utama 48 MP pada model iPhone 14 Pro, banyak orang berharap Apple akan menghadirkan perekaman video 8K. Perekaman 8K tidak mungkin dilakukan dengan sensor 12MP karena persyaratan resolusi.

Namun, ternyata ada satu masalah lagi yang mencegah Apple mengaktifkan perekaman 8K. Seperti yang sudah diketahui, perekaman ProRes 10-bit Apple membutuhkan banyak penyimpanan. Menaikkan resolusi ke 8K bukanlah keputusan yang baik, terutama untuk varian dasar dengan penyimpanan yang lebih rendah.

Baca Juga: Gaji Asisten Stafsus Presiden Dipertanyakan, Sebulan Bisa Beli iPhone 15 Pro Max

Menurut laporan dari TrendForce, Apple mungkin akan meningkatkan iPhone 16 Pro dasar dengan penyimpanan 256GB, yang masih belum cukup untuk perekaman ProRes 10-bit dalam resolusi 8K.

Ilustrasi iPhone. [Pixabay]Ilustrasi iPhone. [Pixabay]

Namun, akan ada peningkatan dalam perekaman video. Menurut sumber yang dikutip oleh 9To5Mac, iPhone 16 Pro akan mendukung perekaman 4K 120fps, yang merupakan peningkatan di atas perekaman 4K 60fps dari iPhone tahun lalu.

Tak hanya itu, Apple juga dikabarkan akan membawa format gambar baru bernama JPEG XL. Ini adalah format gambar generasi berikutnya yang dikembangkan untuk menawarkan kompresi dan kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan format lama seperti JPEG.

Dikutip dari Gizmochina pada Senin (9/9/2024), Apple telah menambahkan dukungan untuk format gambar tersebut di iOS 17 dan macOS 14. Meskipun sejauh ini belum ada produsen ponsel lain yang mengintegrasikan format tersebut secara langsung ke dalam sistem kamera untuk mengambil gambar dalam format JPEG XL, seri iPhone 16 memang dikabarkan akan mendukungnya.

Baca Juga: Cara Bobol Sandi HP Android dan iPhone, Mudah dan Dijamin Berhasil!

Editor: Denada S Putri

Tag:  #seri #iphone #dukung #format #jpeg #tapi #belum #bisa #rekam

KOMENTAR