Kata Telkom Soal Pelanggan Setia: Bukan Cuma Pengguna, Tapi Mitra Usaha
Ilustrasi: Perusahaan telekomunikasi milik negara, Telkom. (Istimewa)
19:40
8 September 2024

Kata Telkom Soal Pelanggan Setia: Bukan Cuma Pengguna, Tapi Mitra Usaha

  Telkom menyebut bahwa pelanggan setia mereka adalah mitra usaha, bukan sekadar pengguna. Hal tersebut disampaikan OVP Enterprise Regional Management Telkom, Reni Yustiani dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional (HPN) yang jatuh pada 4 September setiap tahunnya.   Memaknai HPN pada 4 September yang lalu, Telkom melakukan kunjungan serentak ke pelanggan setianya dari Sabang hingga Merauke. Telkom menyadari pentingnya membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, tidak hanya sebagai pengguna layanan, tetapi juga sebagai mitra untuk bertumbuh dan berinovasi bersama.    “Melakukan komunikasi dua arah tentang kebutuhan layanan dengan pelanggan adalah salah satu agenda prioritas kami,” ucap Reni melalui keterangannya, Minggu (8/9).  

  Menurut Reni, kunjungan ke pelanggan penting dilakukan agar bisa mendapatkan input langsung dari pada pelanggan. Pada kesempatan kali ini, Telkom juga memfokuskan kunjungan untuk bertemu para pengguna produk unggulan Telkom yakni Indibiz layanan penyedia ekosistem solusi digital dunia usaha.   Kunjungan tidak hanya dilakukan kepada pelanggan, melainkan ke para pemangku kepentingan penting seperti organisasi bidang usaha tertentu. Secara khusus, EVP Telkom Regional 2 E. Kurniawan melakukan audiensi bersama Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia yang dihadiri langsung oleh Ketua Umum IDI Adib Khumaidi beserta jajaran.    Reni menyebut, ada banyak hasil positif yang dicapai untuk merancang ekosistem digitalisasi di sektor kesehatan yang sangat dibutuhkan masyarakat.  

  Kunjungan lainnya juga dilaksanakan ke pelanggan Telkom yang menggunakan solusi digital dari Indibiz Health di beberapa Rumah Sakit Umum negeri atau swasta di Jakarta, Tangerang, dan Bandung. Dengan solusi digital tersebut, layanan kesehatan semakin optimal, tidak ada lagi antri dan booking manual.    Misalnya penjadwalan dokter, perawat, apotaker, dan manajemen alat kesehatan juga bisa terpantau secara real-time. Data kesehatan hasil operasional pun terintegrasi dengan sistem kesehatan nasional.   Telkom juga melakukan kunjungan serentak para pengguna Indibiz Ruko, solusi digital yang diperuntukkan untuk pelaku usaha niaga dengan berbagai solusi digital mulai dari kasir digital, manajemen stok, hingga pembayaran digital lengkap.   

  Para pelanggan seperti Mitra Visioner Pratama (MVNET), PT Sumber Kalimantan Abadi, Harbor’s Ice Cream & Coffee menyambut kedatangan Telkom dengan penyampaian testimoni positif. Sebab berkat Indibiz Ruko bisnis mereka bisa berkembang dan bersaing dengan kompetitor secara progresif.   Telkom juga mengunjungi beberapa kantor cabang PDAM sebagai pengguna Indibiz Energi. PT Tirta Asasta Perseroda misalnya, merasa sangat terbantu dengan Antares Smart Water Meter yang rasio keterbuangan airnya (wasted water) di PDAM Depok dari yang semula di angka 33% mengecil hingga stabil di angka 20% tiap bulannya.   Begitu juga kunjungan pararel ke para pengguna Indibiz Multifinance yang dirancang agar lembaga keuangan bisa go digital, sehingga bisa meningkatkan literasi keuangan nasional di tingkat daerah rural. BPR Centra Artha Tegal dan BPR Laksana Abadi Sunggal Binjai memberi testimoni positif mengenai Indibiz Multifinance karena bisa menopang digitalisasi bisnis perbankan mereka dengan optimal.  

  Kunjungan lainnya juga ditujukan untuk pelanggan Telkom yang menggunakan solusi digital Indibiz Sekolah. Lembaga pendidikan swasta maupun negeri seperti Yayasan Al Azhar Asy Syarif, SMAN 16 Batam dan Yayasan Ash Shofa Pekanbaru.    Merespon sangat positif solusi digital dari Telkom tersebut untuk sektor pendidikan. Harapannya, lembaga pendidikan bisa mengefisiensikan operasional sekolah dan meningkatkan kualitas bahan ajar Pendidikan.   Telkom juga rutin berkunjung ke beberapa hotel yang tersebar di Indonesia. Melalui Indibiz Hotel, manajemen hotel jadi lebih akurat baik dari sisi keuangan, manajemen aset, hingga keamanan.   “Hal ini tidak dilakukan karena bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional semata, tapi sudah menjadi salah satu tugas pokok kami untuk mengunjungi langsung pelanggan kami. Kami harus proaktif untuk mencari masukan, melakukan evaluasi, dan pengembangan bisnis dari para pelanggan setia," tandas Reni.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #kata #telkom #soal #pelanggan #setia #bukan #cuma #pengguna #tapi #mitra #usaha

KOMENTAR