Dulu Persib Kini Persija, Ridwan Kamil Patahkan Ucapan Eric Cantona
Kolase Eric Cantona dan Ridwan Kamil [Tangkap layar Youtube dan Instagram]
18:30
19 Agustus 2024

Dulu Persib Kini Persija, Ridwan Kamil Patahkan Ucapan Eric Cantona

Bakal calon gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil beberapa waktu lalu jadi sorotan terkait pernyataan bahwa ia akan mencintai Jakarta, termasuk klub sepak bolanya, Persija.

“Kalau saya ke Jakarta saya akan mencintai dengan seisinya. Termasuk Persija, itu mah rumus tata kerama dari orang baru masuk ke semua rumah,” kata Ridwan Kamil di Jakarta pada Kamis 8 Agustus 2024.

Apa yang diucapkan oleh Ridwan Kamil itu, menurutnya juga dilakukannya saat masih menjadi wali Kota Bandung dan Gubernur Jawa Barat.

“Kalau kita datang ke semua rumah, kita akan mencintai rumah dengan seisinya. Dulu saya di Bandung mencintai dengan seisinya, saya di Jawa Barat mencintai dengan seisinya,” ucap Kang Emil.

Baca Juga: Tinggalkan Persib Bandung, Fitrul Dwi Rustapa Buktikan Performa Ciamik Bersama Bali United

Sontak saja pernyataan Ridwan Kamil ini jadi sorotan khusunya publik sepak bola Jakarta dan Bandung. Seperti diketahui, Jakarta yang memiliki Persija dan Bandung yang mempunyai Persib memiliki latar belakang cerita kurang cukup baik.

Pernyataan dari Ridwan Kamil ini menuai pro kontra baik di pendukung Persija ataupun Persib. Bahkan sempat beredar viral video yang memperlihatkan dua orang suporter singgung sikap Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil dan istrinya, Atalita Praratya saat menonton laga Persib Bandung di Stadion Si Jalak Harupat. (Tangkapan layar/Instagram)Ridwan Kamil dan istrinya, Atalita Praratya saat menonton laga Persib Bandung di Stadion Si Jalak Harupat. (Tangkapan layar/Instagram)

"Kata Eric Cantona, kita tuh bisa saja ganti agama, pilihan politik atau istri. Tapi gak akan bisa ganti tim favorit yang kita suka. Tapi ada satu orang yang bisa ganti tim bola favorit," ucap salah satu suporter di video itu.

"Siapa?" tanya rekan suporter yang lain. "Ridwan Kamil," jawab si suporter sambil tertawa.

Lantas benarkah Eric Cantona pernah mengatakan hal tersebut?

Baca Juga: Ditandai Piagam Dukungan, 12 Parpol Resmi Usung Ridwan Kamil-Suswono Di Pilgub DKI 2024

Seperti diketahui, Eric Cantona ialah legenda Manchester United asal Prancis. Dilansir dari Fourfourtwo, Cantona memang pernah mengatakan hal itu.

Ucapan Cantona itu bisa dilihat dari tayangan film tahun 2009 yang berjudul 'Looking for Eric'. Dalam pernyatannya, Cantona menegaskan soal arti kesetiaan dan kecintaan suporter pada satu tim.

Menurut Cantona, kecintaan dan kesetiaan suporter pada tim favoritnya lebih berarti dari sekedar hubungan asmara, politik bahkan agama.

"Anda bisa mengubah pandangan politik, mengganti istri bahkan agama, tetapi Anda tidak akan pernah dapat mengganti tim sepak bola favorit anda," ucap Eric Cantona.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #dulu #persib #kini #persija #ridwan #kamil #patahkan #ucapan #eric #cantona

KOMENTAR