Fakta Pole Position MotoGP Austria 2024 Posisikan Marc Marquez sebagai Raja, Pecco Bagnaia Spesial
Marc Marquez (93) dan Francesco 'Pecco' Bagnaia (1) ketika berduel di Sirkuit Jerez pada ajang balap bertajuk MotoGP Spanyol 2024. 
05:50
17 Agustus 2024

Fakta Pole Position MotoGP Austria 2024 Posisikan Marc Marquez sebagai Raja, Pecco Bagnaia Spesial

- Perebutan Pole Position MotoGP Austria 2024 menghadirkan fakta menarik melibatkan Marc Marquez (Gresini Racing) dan Francesco 'Pecco' Bagnaia (Ducati Lenovo Team). MM93 sebagai raja polesitter, FB1 spesial abis!

Siapa pembalap Pole Position MotoGP Austria 2024 dapat diketahui setelah sesi Kualifikasi di Sirkuit Red Bull Ring rampung.  Kualifikasi MotoGP Austria 2024 dijadwalkan berlangsung mulai jam 15.50 WIB, hari ini, Sabtu (17/8/2024).

Dua pembalap difavoritkan menyegel Pole Position MotoGP Austria 2024, yakni Marc Marquez dan Pecco Bagnaia

Bukannya tanpa alasan mengapa kedua rider, yang secara prestasi kemenangan di Red Bull Ring pada kelas premier, berbanding terbalik ini.

Pembalap Gresini Ducati, Marc Marquez dari Spanyol ketika beraksi pada hari pertama MotoGP Portugal 2024, Jumat (22/3/2024). Pembalap Gresini Ducati, Marc Marquez dari Spanyol ketika beraksi pada hari pertama MotoGP Portugal 2024, Jumat (22/3/2024). (MotoGP)

Marc Marquez layak disemati julukan raja polesitter di MotoGP Austria. Sebab The Baby Alien, julukan Marquez, menjadi pembalap dengan jumlah start dari P1 terbanyak di Red Bull Ring.

Sejak Red Bull Ring menggelar balapan MotoGP era MotoGP 4-Tak, Marquez meraih Pole Position sebanyak 3 kali. Hebatnya, dia meraihnya dalam tiga musim beruntun.

Tercatat hingga kini belum ada pembalap MotoGP yang mampu melakukan hal yang sama dengan The Baby Alien di kandang tim KTM tersebut.

Hanya saja dari tiga kesempatan start P1 yang dimiliki Marquez, sekalipun belum pernah dikonversikan menjadi kemenangan.

Menyedihkannya lagi, sejak debut di kelas premier musim 2013, kakak Alex Marquez tersebut belum pernah meraih kemenangan di GP Austria.

Wajar jika pembalap asal Cervera, Spanyol tersebut begitu berambisi untuk pecah telur kemenangan saat mengaspal di lintasan sepanjang 4,3 km ini.

Apalagi MM93 lebih dari 1000 hari belum pernah finis terdepan di balapan utama, sejak terakhir kali di Misano 2021.

Tantangannya semakin berat karena Red Bull Ring bak taman bermain bagi Pecco Bagnaia. Di MotoGP 2024, Bagnaia adalah pembalap dengan jumlah kemenangan terbanyak di Austria.

Dia meraih kemenangan GP Austria dua musim beruntun, tepatnya tahun 2022 dan 2023.

Jika suami Domizia Castagnini tersebut kembali mengecap hasil manis di balapan akhir pekan ini, maka dia resmi mengukir sejarah.

Pecco Bagnaia jadi pembalap pertama peraih  kemenangan tiga musim beruntun MotoGP Austria era MotoGP 4-tak.

Sangarnya lagi, hanya ada dua pembalap yang mampu mengkonversikan Pole Position MotoGP Austria menjadi podium utama.

Kedua rider tersebut ialah Andrea Iannone dan Pecco Bagnaia.

Iannone memenangkan MotoGP Austria 2016 saat memulai balapan sebagai polesitter. Pria berjuluk The Maniac tersebut kala itu berstatus pembalap pabrikan Ducati.

Sedangkan Pecco Bagnaia mampu mengukir sukses serupa pada edisi 2023. Hal itu lantas membuat Bagnaia begitu spesial ketika mengaspal di Red Bull Ring.

Jika dikomparasikan, Marquez dan Bagnaia memiliki prestasi kontras dalam hal kemenangan di GP Austria. 

Pecco mempunyai dua podium kemenangan plus satu di antaranya dihasilkan melalui start dari P1. Sedangkan Marquez belum pernah menang, dan mengantongi tiga kali Pole Position di Red Bull Ring.

Daftar Pole Position + Pemenang MotoGP Austria di Red Bull Ring

2024 - ????

2023 - Francesco Bagnaia - Francesco Bagnaia

2022 - Enea Bastianini - Francesco Bagnaia

2021 - Jorge Martin - Brad Binder

2020 - Maverick Vinales - Andrea Dovizioso

2019 - Marc Marquez - Andrea Dovizioso

2018 - Marc Marquez - Jorge Lorenzo

2017 - Marc Marquez - Andrea Dovizioso

2016 - Andrea Iannone - Andrea Iannone

Keterangan: Musim - Pole Position - Pemenang Balapan

(Tribunnews.com/Giri)

Editor: Muhammad Nursina Rasyidin

Tag:  #fakta #pole #position #motogp #austria #2024 #posisikan #marc #marquez #sebagai #raja #pecco #bagnaia #spesial

KOMENTAR