Shin Tae-yong Full Senyum! Australia Hadapi Masalah Serius Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dinilai bakal full senyum jelang putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia setelah Australia dihadapi masalah cedera. [AFP]
16:30
16 Agustus 2024

Shin Tae-yong Full Senyum! Australia Hadapi Masalah Serius Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia dan pelatih Shin Tae-yong mendapat kabar baik jelang putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Australia, salah satu lawan Garuad di Grup C, dihadapkan masalah serius.

Tim berjuluk The Socceroos harus kehilangan bek kanan andalan mereka, Ryan Strain. Pemain kunci Dundee United harus menepi sekitar 12 pekan karena cedera lutut.

Situasi itu jelas jadi pukulan telak bagi Australia. Pasalnya, Ryan Strain selalu bermain dalam enam laga terakhir tim asuhan Graham Arnold, yang menunjukkan peran pentingnya di lini belakang.

Selain Strain, Australia juga berpotensi kehilangan Jordan Bos, pemain yang sering diandalkan Arnold di posisi sayap kiri.

Baca Juga: Sempat Dirugukan, Swansea City Kini Malah Didesak Pertahankan Nathan Tjoe-A-On

Penggawa Westerloo FC ini mengalami cedera dalam laga pembuka liga Belgia melawan Cercle Brugge pada 29 Juli 2024.

Meski belum ada laporan pasti tentang tingkat keparahan cederanya, Bos diperkirakan akan absen selama 4-5 minggu.

Meski demikian, media The Australian menyebut Bos kemungkinan bisa tampil andai pemulihan cederanya berjalan sesuai rencana.

Luke Wilkshire (kanan) bersama Graham Arnold dan René Meulensteen selama sesi latihan Timnas Australia pada Maret 2023. Foto oleh Aleksandar Jason/Socceroos.Luke Wilkshire (kanan) bersama Graham Arnold dan René Meulensteen selama sesi latihan Timnas Australia pada Maret 2023. Foto oleh Aleksandar Jason/Socceroos.

Situasi ini jelas bisa dimanfaatkan Shin Tae-yong untuk memberbesar peluang meraih poin saat menjamu The Socceroos dalam matchday kedua Grup C di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta pada 10 September mendatang.

Timnas Indonesia akan bertandang ke markas Arab Saudi pada 5 September, sebelum menjamu Australia.

Baca Juga: Indra Sjafri Sentil Klub BRI Liga 1 Jelang TC Timnas Indonesia di Korea, Kenapa?

Garuda bisa memanfaatkan kecepatan para pemain lewat Ragnar Oratmangoen, Rafael Struick hingga Marselino Ferdinan untuk menembus pertahanan Australia yang pincang di kedua sayap.

Meski laga diprediksi bakal tetap sulit bagi Indonesia, kondisi Australia yang kehilangan dua bek andalan, dinilai bisa memperbesar peluang Garuda untuk setidaknya mencuri poin di SUGBK nanti.

Timnas Indonesia merupakan satu-satunya wakil Asia Tenggara yang berhasil lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Hanya dua tim teratas dari masing-masing grup yang berhak lolos otomatis ke putaran final Piala Dunia 2026. Sementara tim peringkat tiga dan keempat mendapat garansi lolos ke putaran keempat.

Selain menghadapi Arab dan Australia, Timnas Indonesia akan saling sikut di Grup C dengan Jepang, Bahrain dan China.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #shin #yong #full #senyum #australia #hadapi #masalah #serius #jelang #kualifikasi #piala #dunia #2026

KOMENTAR