Adu Statistik Aidan Bonvanie vs Nur Ichsan, Siapa Pantas Jadi Kiper Timnas Indonesia U-17?
Kolase foto dua kiper yang akan bersaing mendapatkan tempat utama di Timnas Indonesia U-17, Aidan Bonvanie (kiri) dan Muhammad Nur Ichsan. [Dok. PSSI/IG Aidan Bonvanie]
13:30
16 Agustus 2024

Adu Statistik Aidan Bonvanie vs Nur Ichsan, Siapa Pantas Jadi Kiper Timnas Indonesia U-17?

Persaingan di posisi kiper Timnas Indonesia U-17 diperkirakan bakal berjalan semakin sengit. Muhammad Nur Ichsan selaku andalan, kini harus berkompetisi dengan penjaga gawang keturunan Belanda, Aidan Bonvanie.

Pelatih Timnas Indonesia U-17, Nova Arianto memanggil Aidan Bonvanie untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) di Bali.

Penjaga gawang berusia 15 tahun tersebut saat ini berkarier di Belanda bersama klub di Amsterdam, AVV Zeeburgia U-17.

Dengan postri 1,85 meter, Aidan Bonvanie di atas kertas bakal menjadi kekuatan tambahan bagi Timnas Indonesia U-17 di pos penjaga gawang.

Baca Juga: Kiper 185 Cm dari Belanda Penuhi Panggilan Nova Arianto ke Timnas Indonesia U-17

Meski demikian, kemampuan sang pemain harus lebih dulu dibuktikan selama TC, sebelum dianggap pantas untuk membela Timnas Indonesia U-17.

Kehadiran Aidan Bonvanie jelas membuat persaingan di pos penjaga gawang kian sengit. Lalu, seperti apa perbandingan statistik sang kiper dengan Muhammad Nur Ichsan?

Statistik Muhammad Nur Ichsan vs Aidan Bonvanie

Muhammad Nur Ichsan

Kiper Timnas Indonesia U-16 Muhammad Nur Ichsan (@timnas.indonesia)Kiper Timnas Indonesia U-16 Muhammad Nur Ichsan (@timnas.indonesia)

Muhammad Nur Ichsan merupakan kiper andalan Timnas Indonesia U-16 asuhan Nova Arianto. Dia turut membantu Garuda Asia mengamankan peringkat ketiga Piala AFF U-16 2024 di Solo beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Bawa Pemain Klub Spanyol, Indra Sjafri Bahas Peluang Timnas Indonesia U-20 vs Argentina

Nur Ichsan merupakan pemain kelahiran 11 April 2008 di Pematang Siatar, Sumatera Utara. Saat ini, dia menimba ilmu di Asiana Soccer School.

Musim lalu, Nur Ichsan sempat dipinjamkan ke Dewa United Youth, sebelum kembali ke timnya pada 31 Januari 2024.

Meskipun Timnas Indonesia U-16 gagal mempertahankan gelar juara Piala AFF U-16, Nur Ichsan tampil bagus sepanjang turnamen.

Kiper dengan tinggi 1,85 meter itu tampil empat kali dari lima pertandingan yang dimainkan Timnas Indonesia U-16 di laga tersebut.

Dari empat laga, Ichsan mampu mencatatkan dua cleansheet atau nirbobol yakni saat Garuda menang dengan skor 3-0 atas Singapura dan Filipina di fase grup.

Setelahnya, dia kebobolan sekali saat Timnas Indonesia U-16 membantai Laos 6-1 di laga terakhir fase grup.

Ujian berat dialami Ichsan saat Garuda melawan Australia U-16. Dia kebobolan lima gol dalam kekalahan 3-5 di babak semifinal itu.

Meski banyak kebobolan lawan Australia, penampilan Ichsan sejatinya sangat impresif. Dia melakukan banyak sekali penyelamatan yang membuat gawang Garuda tak kebobolan lebih banyak lagi.

Salah satu penyelamatan paling gemilangnya adalah ketika menggagalkan gol Australia meski sudah berhadapan satu lawan satu dengan Jordan Graoroski.

Aidan Bonvanie

Potret Aidan Bonvanie. (Instagram/aidanjulienbonvanie)Potret Aidan Bonvanie. (Instagram/aidanjulienbonvanie)

Statistik Aidan Bonvanie bisa dibilang cukup memukau. Dilansir dari Nusantara Ballers, ia mencatatkan 14 clean sheet dari total 24 pertandingan musim lalu.

Aidan Bonvanie juga terpilih sebagai Man of the Match sebanyak 12 kali.

Salah satu catatan yang mengesankan pula adalah keberhasilannya menepis 10 dari 13 tendangan penalti.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #statistik #aidan #bonvanie #ichsan #siapa #pantas #jadi #kiper #timnas #indonesia

KOMENTAR