Biodata dan Prestasi Ha Hyeok-jun, Pelatih Baru Laos Pernah Punya Jabatan Penting di Timnas Korea Selatan
Pelatih baru Timnas Laos, Ha Hyeok-jun. (Dok, Lao FF)
21:06
15 Agustus 2024

Biodata dan Prestasi Ha Hyeok-jun, Pelatih Baru Laos Pernah Punya Jabatan Penting di Timnas Korea Selatan

Biodata dan Prestasi Ha Hyeok-jun, Rekan Shin Tae-yong yang Jadi Pelatih Laos

Mengenal lebih jauh sosok Ha Hyeok-jun, rekan Shin Tae-yong yang kini melanjutkan kariernya ke Asia Tenggara dan bakal menjadi pelatih Laos.

Pesona pelatih asal Korea Selatan banyak menarik atensi negara-negara Asia Tenggara. Terlebih setelah kesuksesan yang direngkuh Park Hang-seo di Vietnam serta Shin Tae-yong di Indonesia.

Terbaru, negara Asia Tenggara lainnya, yakni Laos, memutuskan untuk menunjuk pelatih asal negeri Gingseng, yakni Ha Hyeok-jun.

Baca Juga: Kompatriot Shin Tae-yong Latih Timnas Laos, Jadi Rival di ASEAN Cup 2024

Pria yang kini berusia 54 tahun tersebut telah resmi diperkenalkan oleh Federasi Sepak Bola Laos (LFF) sebagai pelatih baru tim nasionalnya.

“Pada 14 Agustus 2024, LFF mengumumkan perekrutan Ha Hyeok-jun. Ia akan memimpin Timnas Laos dan Timnas Laos U-23,” bunyi pernyataan LFF.

Dalam pengumumannya tersebut, Ha Hyeok-jun bertugas untuk mempersiapkan Timnas Laos untuk Piala AFF 2024 mendatang serta putaran kedua Kualifikasi Piala Asia 2027.

Penunjukannya menambah panjang daftar pelatih asal Korea Selatan di Asia Tenggara. Sebelumnya ada Park Hang-seo, Shin Tae-yong, Kim Pan-gon, dan Kim Sang-sik.

Lantas, siapakah sosok Ha Hyeok-jun tersebut? Bagaimana kiprahnya dan rekam jejaknya sebelum menjadi pelatih Timnas Laos?

Baca Juga: Urung Rekrut Shin Tae-yong, Timnas Korea Selatan Resmi Umumkan Pelatih Baru

Biodata Ha Hyeok-jun

Nama: Ha Hyeok-jun

Tempat Tanggal Lahir: Busan, 27 Januari 1970 (54 tahun)

Jabatan: Pelatih

Klub Saat ini: Timnas Laos

Prestasi dan Rekam Jejak Ha Hyeok-jun

Ha Hyeok Jun merupakan pelatih sepak bola asal Korea Selatan yang lahir di Busan pada 27 Januari 1970 atau saat ini berusia 54 tahun.

Tak banyak informasi mengenai kiprahnya saat masih bermain. Hanya saja, Ha Hyeok-jun punya catatan mentereng di dunia kepelatihan.

Dilansir dari laman Transfermarkt-nya, pelatih berlisensi UEFA Pro itu mengawali karier di dunia kepelatihan sebagai kepala instruktur di Timnas Korea Selatan pada 2009.

Setelahnya, ia ternyata sempat berkiprah di Asia Tenggara dengan menjadi asisten pelatih Timnas Myanmar pada 2012 yakni Park Sung-hwa dan 2013 pada era Tin Myint Aung.

Usai berkarier di Asia Tenggara selama hampir dua tahun lamanya, Ha Hyeok-jun menjadi pelatih fisik di klub-klub China sepert Beijing BSU dan JS Suning dri 2015 hingga 2017.

Setelah itu, Ha Hyeok-jun kembali ke Korea Selatan dengan menjadi asisten pelatih Suwon Bluewings di bawah arahan Seo Jung-won, Lee Byung-geun, dan Lee Lim-saeng sepanjang tahun 2018.

Usai menjadi asisten pelatih, Ha Hyeok-jun memberanikan diri menjadi pelatih tim Hong Kong, yakni Resources Capital FC dari Juli 2023 hingga Januari 2024.

Kini, angin membawanya kembali ke Asia Tenggara, tapi bukan sebagai asisten pelatih, melainkan pelatih kepala Timnas Laos.

Berbicara soal prestasi, Ha Hyeok-jun tak memiliki banyak informasi mengenai prestasi yang pernah direngkuhnya.

Hanya saja selama menjadi pelatih, ia memiliki catatan tak cukup apik yakni 3 kemenangan, 2 hasil imbang, dan 11 kekalahan dari 16 pertandingan saat menukangi Resource Capital FC.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #biodata #prestasi #hyeok #pelatih #baru #laos #pernah #punya #jabatan #penting #timnas #korea #selatan

KOMENTAR