Bukan Mauresmo Hinoke, Striker FC Dordrecht Ini Lebih Dulu Bela Timnas Indonesia?
Pemain keturunan Indonesia, Dean Zandbergen. [Dok. Instagram/@deanxzanderbergen]
10:36
15 Agustus 2024

Bukan Mauresmo Hinoke, Striker FC Dordrecht Ini Lebih Dulu Bela Timnas Indonesia?

Keinginan PSSI untuk menaturalisasi pemain keturunan asal FC Dordrecht, Mauresmo Hinoke, mungkin harus tertunda karena terkendala aturan FIFA.

Namun, perhatian kini beralih kepada sosok lain yang memiliki peluang lebih besar untuk segera bergabung dengan Timnas Indonesia, yaitu Dean Zandbergen.

Mauresmo Hinoke bersama Dion Markx dan Tim Geypens direkomendasikan pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri untuk dinaturalisasi.

Namun, Hinoke disebut akan sulit dinaturalisasi karena terganjal aturan FIFA perihal garis keturunan yang sudah melebihi tiga generasi.

Baca Juga: Ini Mimpi Buruk Jay Idzes Jelang Laga Debut di Serie A Italia, Apa Itu?

Hinoke dianggap tidak eligable andai dinaturalisasi karena FIFA diketahui menyebut garis keturunan paling tinggi yang mereka akui adalah dari kakek nenek atau generasi kedua.

Situasi itu membuat proses naturalisasinya jadi tanda tanya. Meski demikian, PSSI punya beberapa alternatif andai ingin segera menaturalisasi pemain keturunan berposisi striker.

Sosok tersebut adalah Dean Zandbergen. Dia merupakan rekan satu tim Mauresmo Hinoke di FC Dordrecht yang juga menempati pos sebagai striker atau penyerang.

Dean Zandbergen bukan sosok asing bagi fans sepak bola Indonesia. Nama penyerang keturunan Belanda itu pernah jadi pembahasan ramai karena digadang-gadang diincar PSSI untuk dinaturalisasi.

Dean Zandbergen disebut-sebut memiliki darah keturunan Indonesia. Setelah bermain untuk klub asal Belanda, Sparta Rotterdam, Dean kini berseragam FC Dordrecht.

Baca Juga: Gara-gara Senggol Akun Ini, Swansea City Kena Sindir Usai Posting Debut Nathan Tjoe-A-On

Perjalanan Karier Dean Zandbergen

Dean Zandbergen bergabung dengan FC Dordrecht. (Instagram/@deanxzandbergen_)Dean Zandbergen bergabung dengan FC Dordrecht. (Instagram/@deanxzandbergen_)

Karier sepak bola Zandbergen banyak berkutat di Belanda. Sejak muda, ia telah mengasah kemampuannya di berbagai klub, mulai dari TOGB Youth, SC Excelsior, hingga BVV Barendrecht.

Perjalanan kariernya terus berlanjut hingga tahun 2020, saat ia bergabung dengan Westlandia U-21, kemudian Excelsior M U-21, TOGB, Sparta U-21, dan kini memperkuat tim senior FC Dordrecht.

Pada musim 2024/2025, Dean Zandbergen telah mencatatkan penampilan pertamanya bersama FC Dordrecht di Keuken Kampioen Divisie.

Ia tampil selama 45 menit dalam pertandingan melawan FC Emmen pada 9 Agustus lalu, di mana timnya berhasil meraih kemenangan 2-1. Dalam laga tersebut, Zandbergen dimainkan sebagai penyerang kanan, menunjukkan potensi besar yang dimilikinya.

Pemain keturunan Indonesia, Dean Zandbergen (kiri). [Dok. Instagram/@deanxzanderbergen]Pemain keturunan Indonesia, Dean Zandbergen (kiri). [Dok. Instagram/@deanxzanderbergen]

Dengan latar belakang keturunan Indonesia dan pengalaman bermain di level yang kompetitif, Zandbergen memiliki peluang besar untuk memperkuat Timnas Indonesia lebih dulu dibandingkan Mauresmo Hinoke.

Kehadirannya tentu akan menambah daya gedor lini serang Timnas, mengingat kemampuan dan jam terbang yang dimilikinya di liga Belanda.

Keputusan terkait naturalisasi Zandbergen kini berada di tangan PSSI dan sang pemain yang sejauh ini belum mengatakan siap atau tidaknya membela Garuda.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #bukan #mauresmo #hinoke #striker #dordrecht #lebih #dulu #bela #timnas #indonesia

KOMENTAR