Shin Tae-yong Wajib Dengar! Turunin Ego Lu, Panggil Elkan Baggott ke Timnas Indonesia
Bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott (kanan) Saat Laga Uji Coba Melawan Iran. (pssi.org)
12:06
14 Agustus 2024

Shin Tae-yong Wajib Dengar! Turunin Ego Lu, Panggil Elkan Baggott ke Timnas Indonesia

Pengamat sepak bola yang juga mantan pelatih tim futsal Indonesia, Justinus Lhaksana, atau yang akrap disapa Coach Justin meminta pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menurunkan egonya perihal Elkan Baggott.

Coach Justin meminta pelatih asal Korsel itu kembali panggil Elkan Baggott jelang Timnas Indonesia menghadapi babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026.

Lebih lanjut, coach Justin menyebut bahwa kondisi yang memang membuat Elkan dan Shin Tae-yong menjauh. Namun hal itu lebih kepada faktor perbedaan budaya antar keduanya.

Coach Justin menganggap permasalahan antara Elkan dan Shin lebih kepada misskomunikasi dan itu berawal dari perbedaan budaya.

Baca Juga: Rafael Struick Akui Gemblengan Shin Tae-yong Berguna di ADO Den Haag

"Elkan mungkin memiliki rencana yang berbeda, terutama setelah dia tidak dipanggil untuk Piala AFF U-23," kata Coach Justin dalam wawancaranya di YouTube Hasani's Corner.

Dari kondisi ini kata Coach Justin yang memicu keduanya memiliki hubungan yang renggang. Di satu sisi, Elkan yang tak dipanggil ke Timnas U-23 memilih liburan, sementara di sisi lain STY meminta bek Blackpool itu selalu siap untuk Timnas Indonesia.

Coach Justin bilang itu hanya karena perbedaan pendekatan antara budaya barat dengan budaya timur. Menurut Coach Justin, jelang lawan Arab Saudi, Shin Tae-yong mau tak mau harus memanggil Elkan Baggott.

Apalagi, Jordi Amat dan Justin Hubner kemungkinan absen di laga babak kualifikasi Piala Dunia 2026 itu.

"Saya pikir turunin ego lu, panggil Elkan," tegas Coach Justin.

Baca Juga: Elkan Baggott Debut Impresif, Shin Tae-yong Kena Sindir

Media Inggris berikan pujian terhadap debut Elkan Baggott yang apik di Blackpool FC. (X/@BlackpoolFC)Media Inggris berikan pujian terhadap debut Elkan Baggott yang apik di Blackpool FC. (X/@BlackpoolFC)

Pada Rabu (14/8) dinihari tadi, Elkan Baggott menjalani debut bersama Blackpool. Menariknya ia bermain impresif dan antarkan Blackpool menang 4-0 atas Burton Albion di ajang Carabaou Cup 2024.

Elkan Baggott bermain selama 65 menit. Ia digantikan oleh Oliver Casey saat Blackpool masih bermain imbang tanpa gol. Blackpool baru mencetak gol pada menit ke-69 lewat aksi Ryan Finnigan.

Di laga dinihari itu, Blackpool meraih kemenangan 4-0 lewat gol dari Finnigan, Matthew Pennington (76' dan 81') serta gol Lee Evans di masa injury time.

Meski hanya bermain 65 menit, penampilan bek Timnas Indonesia itu mendapat pujian dari salah satu media lokal Inggris. Blackpool Gazette memberikan penilaian positif terhadap Elkan Baggott.

Menurut media lokal Inggris itu, Elkan memiliki peran bagus dalam mengantisipasi serangan tim lawan hingga mampu membuat tim berjuluk The Seasiders itu tak kebobolan.

“Elkan Baggott menikmati malam yang solid di tengah tiga bek pada debutnya bersama Seasiders,” tulis Blackpool Gazette.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #shin #yong #wajib #dengar #turunin #panggil #elkan #baggott #timnas #indonesia

KOMENTAR