Pemain Berdarah Jakarta Paris Elmensdorp Ungkap Cita-citanya, Bela Timnas Indonesia?
Satu nama pemain keturunan Indonesia kembali muncul. Masih dari klub asal Belanda, ada nama Paris Elmensdorp yang kini bermain di Feyenoord U-21. [testifier.nl]
23:36
13 Agustus 2024

Pemain Berdarah Jakarta Paris Elmensdorp Ungkap Cita-citanya, Bela Timnas Indonesia?

Satu nama pemain keturunan Indonesia kembali muncul. Masih dari klub asal Belanda, ada nama Paris Elmensdorp yang kini bermain di Feyenoord U-21.

Pemain kelahiran 13 Februari 2005 ini memiliki tinggi badan 190 cm. Dari informasi yang dihimpun, Paris juga memiliki darah Indonesia dan Curacao.

Sementara itu dikutip dari postingan @indobloodtalent, Paris memiliki darah Indonesia dari ibunya. Ayah dari ibu Paris atau artinya kakeknya diketahui orang Indonesia asli dan lahir di Jakarta.

Dikutip dari data Transfermarkt, Paris mengawali kariernya di AFC Amsterdam. Setelah dari AFC Amsterdam, Paris pindah ke akademi Feyenoord pada Juli 2015 atau saat usianya masih 10 tahun.

Baca Juga: Eks Kapten Belanda U-17 Ungkap Alasan Sebenarnya Tolak Timnas Indonesia

Paris Elmensdorp salah satu pemain keturunan Indonesia yang layak mendapat perhatian. [Instagram @feyenoordacademy]Paris Elmensdorp salah satu pemain keturunan Indonesia yang layak mendapat perhatian. [Instagram @feyenoordacademy]

Lima tahun di tim akademi, Paris naik kelas ke Feyenoord U-17 pada Juli 2020. Tidak butuh waktu lama buat Paris memberikan bukti dengan penampilan apik sehingga ia diganjar kontrak profesional pertamanya pada September 2022.

Saat itu ia sudah masuk ke tim U-18 Feyenoord. Sang pemain pun menandatangani kontrak profesional pertamanya pada 23 September 2022 berdurasi tiga tahun.

Kontrak itu membuat sang pemain setidaknya bakal bertahan di Feyenoord sampai 2025. Pelatih Kepala Akademi Feyenoord menyebut Paris memang layak untuk dikontrak profesional.

“Paris adalah contoh bagus untuk seorang pemain berpostur tingggi yang punya kecepatan dan mental pemenang. Kelebihan Paris adalah dia bisa bermain di berbagai posisi di pertahanan,” jelas Rini Coole saat itu.

Dengan postur hampir 2 meter, posisi asli Paris Elmensdorp sendiri memang seorang bek sayap kanan. Tapi ia bisa diposisikan sebagai bek tengah juga.

Baca Juga: Jay Idzes Resmi Satu Tim dengan Kiper Inter Milan

Salah satu pemain yang jarang menjadi sorotan ialah pemain berusia 19 tahun bernama Paris Elmensdorp [Instagram]Salah satu pemain yang jarang menjadi sorotan ialah pemain berusia 19 tahun bernama Paris Elmensdorp [Instagram]

Bagi Paris sendiri, diberikan kontrak profesional pertama kali di Feyenoord adalah mimpi yang jadi kenyataan. Target besarnya adalah bisa menembus Feyenoord U-21 hingga nantinya sampai di tim utama Feyenoord.

“Bisa menandatangani kontrak profesional pertama saya dengan Feyenoord tentu membanggakan dan meyakinkan kalau mimpi saya bisa jadi kenyataan,” kata Paris.

“Saya harap bisa berkembang lebih pesat dengan Feyenoord U-18 dan bisa bermain di U-21. Tentu saja, target terbesar saya adalah bisa bermain untuk tim utama Feyenoord. Untuk sampai ke sana, saya harus bekerja keras,” pungkasnya.

Daro catatan di Transfermarkt, sejumlah pelatih top di level usia muda pernah melatih Paris. Mulai dari Davey van den Berg hingga eks bomber Manchester United, Robin van Persie.

Mimpi Paris juga perlahan mulai terwujud saat ia mulai bermain reguler di Tim U-21 Feyenoord musim lalu dengan catatan 10 laga.

Kontributor: Aditia Nugraha

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #pemain #berdarah #jakarta #paris #elmensdorp #ungkap #cita #citanya #bela #timnas #indonesia

KOMENTAR