Siapa Miliano Jonathans? Penyerang Vitesse yang Diduga Keturunan Belanda Depok
Pemain keturunan Indonesia milik klub Liga Belanda, Vitesse, Miliano Jonathans. [Dok. Instagram/@milianojonathans_]
12:06
5 Agustus 2024

Siapa Miliano Jonathans? Penyerang Vitesse yang Diduga Keturunan Belanda Depok

Berikut profil Miliano Jonathans, pemain keturunan Indonesia yang mendapat yang diduga berasal dari silsilah keluarga Belanda Depok.

Miliano Jonathans belakangan mengakui bahwa dirinya punya darah Indonesia. Neneknya disebut berasal dari kota Depok, Jawa Barat.

Melansir laman Transfermarkt, Miliano Jonathans menjelaskan bahwa keluarganya sebulan lalu turut menyambangi Depok.

Pemain keturunan Indonesia yang bermain untuk Vitesse, Miliano Jonathans. [Dok. Instagram/@milianojonathans_]Pemain keturunan Indonesia yang bermain untuk Vitesse, Miliano Jonathans. [Dok. Instagram/@milianojonathans_]

Meski tanpa dirinya, ayah dan ibunya datang untuk menjenguk keluarganya di Indonesia, sekaligus bertemu dengan Tenaga Ahli Menteri Kemenpora, Hamdan Hamedan.

Baca Juga: Breaking News! Matthew Baker Resmi Mengundurkan Diri dari Skuad Australia U-17

Merujuk pengakuan sang pemain, Miliano Jonathans diduga kuat merupakan pemain keturunan Belanda Depok.

Menyitat National Geographic, Belanda Depok atau Kaoem Depok merupakan orang asli pribumi mantan budak dari Cornelis Chastelein, pejabat kongsi dagang Hindia Belanda (VOC).

Chastelein disebut mengundurkan diri dari VOC pada abad ke-17 untuk fokus menjadi tuan tanah di sekitar Batavia. Dia banyak membeli tanah salah satunya di Depok untuk dijadikan lahan pertanian.

Dalam prosesnya, Chastelein membawa 150 budak yang berasal dari daerah Indonesia Timur yakni Bali sampai Bugis.

Setelah meninggal, Chastelein diketahui meninggalkan surat wasiat yakni membebaskan para budaknya yang terdiri dari 12 marga yang dinamakan dari murid-murid Yesus.

Baca Juga: 2 Pemain Timnas Indonesia yang Sempat Dibidik Negara Lain, Salah Satunya Andalan Shin Tae-Yong

Jonathans merupakan salah satu marga Belanda Depok. Merujuk itu, Miliano Jonathans diduga kuat merupakan keturunan Kaum Depok alias Belanda Depok.

"Nenek dari ayah saya berasal dari Depok dan kemudian pindah ke Belanda. Dia sangat jago memasak," kata Miliano dikutip Suara.com dari Transfermarkt, Senin (5/8/2024).

"Keluarga saya mengunjungi keluarga kami di Depok bulan lalu, dan mereka menceritakan tentang sejarah nama keluarga kami (Jonathans)."

"Keluarga saya merasa ini sangat menarik. Sungguh luar biasa bisa belajar lebih banyak tentang sejarah keluarga kami!"

Profil Miliano Jonathans

Pemain keturunan Indonesia yang bermain untuk Vitesse, Miliano Jonathans. [Dok. Instagram/@milianojonathans_]Pemain keturunan Indonesia yang bermain untuk Vitesse, Miliano Jonathans. [Dok. Instagram/@milianojonathans_]

Lahir di Arnhem, Belanda, pada 5 April 2004, Miliano Jonathans merupakan pemain sepak bola yang memiliki posisi natural sebagai penyerang sayap atau winger.

Meskipun lahir dan besar di Belanda, Miliano memiliki darah Indonesia dari garis keturunan neneknya yang asal Depok.

Karier sepak bola Miliano dimulai sejak usia dini di klub lokal Belanda, Arnhemse Boys FC dan Arnhemse Boys Schuytgraaf.

Talentanya yang menonjol membuatnya bergabung dengan akademi Vitesse Arnhem pada tahun 2014.

Setelah melewati berbagai level usia di akademi Vitesse, Miliano akhirnya berhasil menembus tim utama pada tahun 2022. Debutnya di Eredivisie bersama Vitesse menjadi momen bersejarah dalam kariernya.

Performa impresif Miliano di Vitesse menarik perhatian banyak klub besar Eropa. Benfica, Borussia Monchengladbach, dan Leicester City adalah beberapa klub yang dikabarkan tertarik untuk mengamankan jasanya.

Namun, Miliano memilih untuk tetap setia bersama Vitesse dan fokus mengembangkan kariernya di klub yang telah membesarkan namanya.

Dengan darah Indonesia yang mengalir dalam dirinya, Miliano Jonathans menjadi salah satu nama yang sering disebut-sebut sebagai calon pemain naturalisasi untuk Timnas Indonesia.

PSSI sempat mempertimbangkan untuk menaturalisasi Miliano untuk memperkuat skuad Garuda Muda di ajang Piala Dunia U-20 2023. Namun, hingga saat ini belum ada kabar terbaru terkait proses naturalisasi sang pemain.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #siapa #miliano #jonathans #penyerang #vitesse #yang #diduga #keturunan #belanda #depok

KOMENTAR