2 Pemain Timnas Indonesia yang Sempat Dibidik Negara Lain, Salah Satunya Andalan Shin Tae-Yong
Bek Timnas Indonesia U-16, Matthew Baker (kanan) dipanggil Timnas Australia untuk persiapan Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. [Dok. PSSI]
07:24
3 Agustus 2024

2 Pemain Timnas Indonesia yang Sempat Dibidik Negara Lain, Salah Satunya Andalan Shin Tae-Yong

Negara lain ternyata turut memperhatikan performa beberapa penggawa Timnas Indonesia. Bahkan, setidaknya dua pemain pernah hampir dibajak negara lain. Siapa saja?

Setidaknya terdapat dua kasus di mana pemain keturunan yang sudah sempat membela Timnas Indonesia, diminati negara lain.

Hal itu bisa terjadi lantaran kedua pemain sempat atau sedang dalam posisi yang secara aturan FIFA bisa membela negara bersangkutan.

Terbaru adalah kasus Matthew Baker, pemain Timnas U-16 Indonesia yang diinginkan oleh pelatih Timnas U-17 Australia, Brad Maloney.

Baca Juga: Breaking News! Ole Romeny Kaget Dimarahi Warganet, Bantah Tolak Jabat Tangan Ivar Jenner

Bek Timnas Indonesia U-16, Matthew Baker. (Instagram/mat_baker09)Bek Timnas Indonesia U-16, Matthew Baker. (Instagram/mat_baker09)

Matthew Baker masuk dalam daftar 24 pemain Timnas U-17 Australia untuk PacificAus Sports Football Tour, menghadapi Timnas U-19 Solomon dan Vanuatu.

Matthew Baker sebelumnya telah memperkuat Timnas Indonesia U-16 di ASEAN Cup U-16 2024, bahkan pernah melawan tim Brad Maloney di ajang tersebut.

Pemain Melbourne City ini diketahui memiliki darah Australia-Indonesia, sehingga bisa membela kedua negara.

Baker saat ini masih berusia 15 tahun yang artinya bebas memilih salah satu antara Australia dan Indonesia sebelum dia diwajibkan memilih kewarganegaraan saat berusia 18 tahun atau ketika sudah menikah.

Namun, Baker tampaknya lebih berkomitmen membela Timnas Indonesia. Hal itu disampaikan PSSI setelah berdiskusi dengan keluarga sang pemain.

Baca Juga: 3 Pemain Muda yang Bisa Diorbitkan Shin Tae-yong untuk Piala AFF 2024

Timnas U-16 Indonesia akan menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 pada Oktober 2024, berada di Grup G bersama Australia, Kuwait, dan Kepulauan Mariana Utara.

Justin Hubner

Justin Hubner dinilai gagal saat berlaga di Jepang. [Soha.vn]Justin Hubner dinilai gagal saat berlaga di Jepang. [Soha.vn]

Sebelum Matthew Baker, Justin Hubner juga pernah berada dalam situasi serupa, diperebutkan antara Timnas Indonesia U-20 dan Australia U-20.

Hubner yang sudah ikut latihan bersama skuad Garuda dan bahkan turun dalam turnamen uji coba di Turki, mendapat panggilan tim muda Oranje.

Saat itu, naturalisasi Hubner bersama Ivar Jenner dan Rafael Struick telah disetujui DPR tetapi belum masuk tahap mengambil sumpah sebagai WNI.

Hubner pun sempat bikin kaget publik Indonesia karena menerima pemanggilan Timnas Belanda U-20, meski pada akhirnya resmi dinaturalisasi dan kini jadi andalan Timnas Indonesia di lintas kelompok umur maupun tim senior.

Bek Wolves U-21 ini menjadi kekuatan utama di skuad Garuda, membantu Indonesia mencapai babak 16 besar Piala Asia 2023 di Qatar pada Januari 2024.

Ia juga menjadi andalan Shin Tae-yong dalam Timnas U-23 Indonesia, yang finis keempat di Piala Asia U-23 2024 dan hampir lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Sayangnya, Indonesia kalah tipis 0-1 dari Guinea di play-off Olimpiade.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #pemain #timnas #indonesia #yang #sempat #dibidik #negara #lain #salah #satunya #andalan #shin #yong

KOMENTAR