Biodata Caelan Ryan, Striker Thailand Keturunan Inggris yang Dilawan Timnas Indonesia U-19
Striker Timnas Thailand U-19, Caelan Ryan. (Instagram/@changsuek)
12:30
29 Juli 2024

Biodata Caelan Ryan, Striker Thailand Keturunan Inggris yang Dilawan Timnas Indonesia U-19

Mengenal lebih jauh sosok Caelan Ryan, penyerang Inggris yang kini bermain untuk Timnas Thailand U-19 di ajang Piala AFF U-19 2024.

Nama Caelan Ryan menarik perhatian sepanjang gelaran Piala AFF U-19 2024 ini. Terlebih setelah penampilan apiknya bersama Timnas Thailand U-19.

Bersama tim Gajah Perang muda, penyerang berusia 18 tahun itu berhasil mencetak dua gol di Piala AFF U-19 2024, masing-masing ke gawang Brunei Darussalam dan Malaysia.

Torehan tersebut membuat namanya menjadi top skor Thailand U-19 di Piala AFF U-19 2024 ini, bersama dengan Pikanet Laohawiwat.

Baca Juga: Profil Khalid Attamimi Suami Susan Sameh, Pelatih Klub Jerman Punya Lisensi Eropa

Tak hanya menarik perhatian berkat performanya, Caelan Ryan juga menarik perhatian karena statusnya sebagai pemain keturunan di ajang ini.

Ya, Caelan Ryan menjadi salah satu pemain keturunan di Piala AFF U-19 2024 karena dirinya berasal dari Inggris dan memegang paspor Thailand.

Status Caelan Ryan ini mirip dengan dua pemain keturunan di Timnas Indonesia U-19, yakni Jens Raven dan Welber Jardim, yang berasal dari Belanda dan Brasil, tapi memegang paspor Indonesia.

Lantas, siapakah sosok Caelan Ryan itu? Bagaimana sepak terjangnya hingga kini membela Thailand U-19 yang akan berhadapan dengan Timnas Indonesia U-19 di final Piala AFF U-19 2024?

Lahir di Inggris, Keturunan Thailand

Baca Juga: Akhirnya Diposting, Anggota Geng Mamayu Ungkap 'Bukti' Kebersamaan Syifa Hadju dan El Rumi

Caelan Ryan merupakan penyerang kelahiran Inggris, tepatnya di Upton pada 12 Oktober 2005. Saat ini dirinya baru berusia 18 tahun.

Ayahnya sendiri merupakan orang Inggris asli dan ibunya berasal dari Thailand. Karenanya, ia pun memilih negara asal sang ibu sebagai kewarganegaraannya.

Lahir dan besar di Inggris, Caelan Ryan pun menapaki karier di sepak bola bersama klub-klub dari tanah Raja Charles III itu.

Klub pertamanya sendiri adalah West Kirby Oanthets FC. Caelan Ryan menimba ilmu di klub tersebut sejak usia 8 tahun dari 2013 hingga 2017.

Dalam rentang waktu itu, ia juga menimba ilmu di Tranmere Rovers, dan kemudian berganti klub ke Airbus UK Broughton FC hingga 2018.

Setelahnya, Caelan Ryan sempat bermain di The New Saint Development di Wales dan dilanjutkan bermain untuk Port Vale U-19 pada 2022.

Di Port Vale U-18, Caelan Ryan banyak dipinjamkan ke klub-klub amatir di Inggris seperti Runcorn Linnets dan Market Drayton.

Saat bermain di Port Vale U-18, Caelan Ryan sempat bertanding melawan akademi-akademi dari klub-klub terbaik di Inggris seperti Liverpool U-18.

Sayangnya, tak ada catatan yang menunjukkan performanya. Hanya saja, dari berbagai sumber disebutkan ia pernah mencatatkan 9 gol dari 11 di Premier League U-18 bersama Port Vale U-18.

Per Juli 2024 ini, Caelan Ryan memutuskan pulang ke kampung halaman sang ibu di Thailand dan bergabung dengan Buriram United dengan status bebas transfer.

Sejak bergabung pada 4 Juli kemarin, Caelan Ryan tercatat belum pernah tampil bagi Buriram United, karena dirinya tengah disibukkan dengan agenda Thailand U-19 di Piala AFF U-19 2024.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #biodata #caelan #ryan #striker #thailand #keturunan #inggris #yang #dilawan #timnas #indonesia

KOMENTAR