Rusia Dikabarkan Jadi Lawan Uji Coba 3 Tim ASEAN, Termasuk Timnas Indonesia?
Ilustrasi Timnas Rusia. FIFA larang Rusia ikut dalam Piala Dunia 2022. [ANTARA/AFP/OLGA MALTSEVA]
19:00
26 Juli 2024

Rusia Dikabarkan Jadi Lawan Uji Coba 3 Tim ASEAN, Termasuk Timnas Indonesia?

Rusia dikabarkan akan menjadi lawan dari tim ASEAN, yaitu Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Momen ini bakal digelar pada FIFA Matchday September sampai Oktober 2024.

Saat ini Rusia dilarang main oleh FIFA dan UEFA. Meski begitu, tim berjuluk Sbornaya tetap aktif melakukan laga uji coba.

Belum lama ini, Rusia telah menjalani dua laga persahabatan dengan kemenangan telak 4-0 atas Serbia dan Belarusia. Ranking FIFA mereka pun masih tinggi, yakni peringkat 33.

Maka dari itu, Rusia kini dilirik oleh tim-tim ASEAN untuk menjalani uji coba. Kabarnya mereka akan diundang Vietnam dan Thailand dalam turnamen Triumvirat.

Baca Juga: Reaksi Media Korea Selatan usai Shin Tae-yong Dapat Golden Visa dari Pemerintah Indonesia, Terkejut?

"Federasi Sepak Bola Rusia sedang mempertimbangkan untuk mengikuti turnamen Triumvirat di Vietnam pada FIFA Matchday September. Dua tim peserta adalah Vietnam dan Thailand," tulis laporan The Theo247.

Selain itu, Malaysia juga dilaporkan ingin mengundang Rusia untuk menggelar uji coba pada Oktober 2024 mendatang. Kabar ini lantas direspns oleh Sekjen FAM, Datuk Noor Azman Rahman.

Menurut Sekjen FAM, Harimau Malaya belum mengirimkan undangan pertandingan persahabatan ke Rusia. Sebab, mereka sedang fokus ke Piala Merdeka 2024.

"Sampai saat ini kami belum menggelar laga persahabatan dengan Rusia. Fokus Malaysia adalah Piala Merdeka bulan September," ucap Sekjen FAM.

"Bulan Oktober nanti kami akan melakoni persahabatan di sini (Malaysia). Lalu November kami bisa mengundang Laos, Yaman, dan Suriah untuk uji coba," lanjutnya.

Baca Juga: Shin Tae-yong Dapat Golden Visa, Sang Putra: Indonesia Rumah Kedua Saya

Adapun timnas Indonesia dipastikan tidak akan bisa jika ingin melawan Rusia pada jendela internasional mendatang. Sebab, skuad Garuda akan berjuang di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Timnas Indonesia jadi satu-satunya tim ASEAN yang lolos ke fase ini. Babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan berjalan dari September 2024 sampai Juni 2025.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #rusia #dikabarkan #jadi #lawan #coba #asean #termasuk #timnas #indonesia

KOMENTAR