Siapa Mike Kleijn? Pemain Eredivisie Keturunan Surabaya yang Bisa Perkuat Timnas Indonesia
Kapten Feyenoord U-21, Mike Kleijn. (Instagram/@mikekleijn_)
13:54
25 Juli 2024

Siapa Mike Kleijn? Pemain Eredivisie Keturunan Surabaya yang Bisa Perkuat Timnas Indonesia

Pemain keturunan Indonesia yang potensial untuk dinaturalisasi kembali muncul. Kali ini, sosok tersebut mengarah kepada gelandang asal klub Eredivisie atau Liga Belanda yang bernama Mike Kleijn.

Mike Kleijn sempat disebut-sebut memiliki darah keturunan Indonesia. Oleh karena itu, namanya didorong publik untuk segera ditindaklanjuti PSSI agar bisa dinaturalisasi untuk Timnas Indonesia.

Dari informasi yang dihimpun akun Instagram @futball.Indonesiaa, disebutkan bahwa Mike Kleijn memiliki darah Indonesia dari garis ibunya. Sebab, sang nenek dari Ibunya dikabarkan lahir di Jawa Timur. 

Latar belakang keturunan Indonesia Kleijn mirip dengan Sandy Walsh. Seniornya itu punya darah keturunan Indonesia dari kakek-neneknya asal Surabaya. Di usianya yang masih 19 tahun, Mike berstatus sebagai pemain klub kasta tertinggi Liga Belanda.

Baca Juga: Tembus Tim Senior FC Dordrecht, Kualitas Mauresmo Hinoke Kian Teruji?

Lantas, siapakah sebenarnya sosok Mike Kleijn? Bagaimana latar belakang dan perjalanan karier pemain tersebut? Berikut Suara.com menyajikan ulasannya.

Mengenal Mike Kleijn

Dihimpun dari Transfermarkt, Mike Kleijn tercatat lahir di kota Breda, Belanda, pada 9 Februari 2005. Ketika usianya menginjak sekitar 8-9 tahun, Kleijn bergabung dengan akademi Feyenoord untuk menimba ilmu sepak bola.

Kleijn sebetulnya berposisi sebagai gelandang. Namun demikian, pemain berusia 19 tahun itu ternyata juga punya kemampuan multi-posisi lantaran biasa dimainkan sebagai bek kiri di Feyenoord. 

Setelah hampir 10 tahun malang melintang di tim junior, Kleijn akhirnya mendapatkan promosi ke tim Feyenoord U-18 pada tahun 2020. Selama hampir tiga musim di sana, ia mencatatkan 24 penampilan dengan torehan 2 gol. 

Baca Juga: Timnas Indonesia di antara Lawan Malaysia atau Thailand di Semifinal Piala AFF U-19 2024, Siapa Susah Dikalahkan?

Memasuki tahun 2022, Mike Kleijn akhirnya kembali mendapatkan tiket promosi untuk menembus tim U-21 Feyenoord. Bersama tim ini, dia sukses mencatatkan 41 penampilan dengan torehan 3 gol dan 3 assist. 

Kualitas yang dimiliki oleh Kleijn memang tak main-main. Pasalnya, sejak berusia muda, dia sudah menjadi salah satu pemain yang bolak-balik memperkuat Timnas Belanda di kelompok usia muda.

Kleijn tercatat pernah memperkuat Timnas Belanda U-15, U-17, U-18, dan U-19. Di level U-17, dia tercatat mencetak satu gol dari 16 penampilan. Adapun bersama tim U-19, dia mengukir dua gol dari tiga laga.

Hal ini membuktikan bahwa pemain berpostur 175 cm itu punya kualitas yang impresif. Sebab, dia menjadi pemain tim nasional Belanda ketika masih muda.

Yang terbaru, tepatnya pada awal bulan ini, Mike Kleijn mendapatkan kesempatan untuk memulai kiprahnya bersama klub kasta tertinggi Liga Belanda, Sparta Rotterdam. Dia direkrut dengan skema bebas transfer dari Feyenoord U-21.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #siapa #mike #kleijn #pemain #eredivisie #keturunan #surabaya #yang #bisa #perkuat #timnas #indonesia

KOMENTAR