4 Tim Piala Presiden 2024 yang Diperkuat Banyak Bintang Timnas Indonesia
Persib Bandung akan menjamu Persija Jakarta di Si Jalak Harupat dalam lanjutan BRI LIga 1 (ligaindonesiabaru.com)
13:00
19 Juli 2024

4 Tim Piala Presiden 2024 yang Diperkuat Banyak Bintang Timnas Indonesia

Timnas Indonesia, di bawah asuhan Shin Tae-yong, akan menghadapi serangkaian laga berat di Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Laga pertama mereka dijadwalkan melawan Arab Saudi pada 5 September di King Abdullah Sports City. Jay Idzes dan rekan-rekan menargetkan hasil positif di sana.

Selain Arab Saudi, Indonesia akan menghadapi Jepang, Australia, China, dan Bahrain di Grup C.

Sebelum laga tersebut, para pemain Timnas Indonesia yang berlaga di dalam negeri akan tampil di Piala Presiden 2024, yang berlangsung dari 19 Juli hingga 4 Agustus.

Baca Juga: Satu Kebiasaan Suporter Timnas Indonesia yang Bikin Heran Shin Tae-yong, Warga Korea Sampai Kaget

Delapan tim yang bersaing di Piala Presiden adalah Persib Bandung, Persis Solo, Borneo FC Samarinda, PSM Makassar, Bali United, Arema FC, Persija Jakarta, dan Madura United.

Grup A berisi Persib Bandung, Borneo FC, Persis Solo, dan PSM Makassar, bermain di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung.

Grup B berisi Bali United, Madura United, Persija Jakarta, dan Arema FC, bermain di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali.

Turnamen ini menjadi ajang pemanasan bagi pemain timnas sebelum putaran ketiga kualifikasi dan Liga 1 2024/2025. Berikut ulasannya!

1. Borneo FC

Baca Juga: Apa Itu Copa Tejas? Trofi yang Baru Saja Dimenangkan Maarten Paes Bersama FC Dallas

Kiper Borneo FC, Nadeo Argawinata melakoni sesi latihan jelang laga BRI Liga 1. [dok. Borneo FC]Kiper Borneo FC, Nadeo Argawinata melakoni sesi latihan jelang laga BRI Liga 1. [dok. Borneo FC]

Kedatangan pemain naturalisasi menggeser peran pemain lokal, namun memacu semangat pemain muda untuk bersaing.

Empat pemain Borneo FC yang masih mendapat tempat di Timnas Indonesia adalah Nadeo Argawinata, Stefano Lilipaly, Komang Teguh dan Fajar Fathur Rahman.

Meski Nadeo tidak lagi menjadi kiper utama karena posisinya digantikan oleh Ernando Ari dari Persebaya Surabaya, kinerjanya musim lalu sangat memuaskan dengan 13 clean sheet, terbanyak di BRI Liga 1 2023/2024. Hal ini membuatnya kembali dipanggil ke Timnas Indonesia.

Stefano Lilipaly, meski sudah lama tidak membela timnas, masih dianggap sebagai alternatif di lini tengah oleh banyak pihak.

Fajar Fathur Rahman dan Komang Teguh, dua pemain muda yang sering dipanggil Shin Tae-yong, berperan penting dalam membawa Garuda Muda ke semifinal Piala Asia U-23 2024.

Dengan pemain-pemain timnas ini, Borneo FC menjadi salah satu unggulan untuk menyabet trofi Piala Presiden 2024.

2. Persis Solo

Striker Persis Solo, Ramadhan Sananta. [IG Ramadhan Sananta]Striker Persis Solo, Ramadhan Sananta. [IG Ramadhan Sananta]

Persis Solo siap membawa pulang trofi Piala Presiden 2024 dengan mengandalkan pemain muda Timnas Indonesia.

Ramadan Sananta, Arkhan Kaka, dan Irfan Jauhari menjadi kunci dalam tim asuhan Milomir Seslija.

Sananta, striker 21 tahun, terkenal dengan insting mencetak golnya yang tinggi. Arkhan Kaka, meski baru 16 tahun, diproyeksikan sebagai pelapis di lini serang dan diharapkan bersinar di Piala Presiden 2024.

Irfan Jauhari, yang pernah dipinjamkan ke Persija Jakarta, juga diandalkan sebagai mesin gol bersama Sananta dalam formasi 3-5-2.

3. Persib Bandung

Penyerang baru Persib Bandung, Dimas Drajad (kiri) sudah berlatih bersama rekan-rekannya. [Dok. Persib]Penyerang baru Persib Bandung, Dimas Drajad (kiri) sudah berlatih bersama rekan-rekannya. [Dok. Persib]

Persib Bandung, tim kebanggaan Kota Bandung, terus menyumbangkan pemain ke Timnas Indonesia.

Dimas Drajad, Marc Klok, Beckham Putra, dan Rachmat Irianto adalah bagian dari kebangkitan timnas dalam dua tahun terakhir.

Dimas Drajad diprediksi akan tetap masuk dalam skuad Timnas Indonesia untuk Grup C kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Meski Marc Klok, Beckham Putra, dan Rachmat Irianto jarang dipanggil karena ketatnya persaingan buntut naturalisasi pemain. Namun, mereka diprediksi tetap punya kapasitas jika dibutuhkan.

Keempatnya berperan penting dalam keberhasilan Persib juara BRI Liga 1 2023/2024 dan akan menjadi tulang punggung dalam upaya Persib meraih trofi Piala Presiden 2024.

4. Persija Jakarta

Ekspresi Bek Persija, Rizky Ridho Usai Mencetak Gol Ke Gawang Borneo FC Pada Laga Pekan Ke-7 BRI Liga 1 Musim 2023/2024 (persija.id)Ekspresi Bek Persija, Rizky Ridho Usai Mencetak Gol Ke Gawang Borneo FC Pada Laga Pekan Ke-7 BRI Liga 1 Musim 2023/2024 (persija.id)

Persija Jakarta belakangan menjadi sumber pemain berkualitas untuk Timnas Indonesia baik di level kelompok umur maupun senior.

Witan Sulaeman, Rizky Ridho, Muhammad Ferarri, dan Rio Fahmi tetap menjadi tulang punggung timnas. Mereka berperan besar dalam perjalanan Garuda Muda ke semifinal Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

Rizky Ridho juga memberikan kontribusi penting dengan golnya saat Indonesia mengalahkan Filipina 2-0 di Kualifikasi Piala Dunia zona Asia 2024.

Persija Jakarta menargetkan juara di Piala Presiden 2024, dengan keempat pemain ini menjadi andalan untuk merealisasikan tujuan tersebut.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #piala #presiden #2024 #yang #diperkuat #banyak #bintang #timnas #indonesia

KOMENTAR