Punya Lisensi AFC Pro, 3 Pelatih Indonesia yang Bisa Tangani Timnas Malaysia
Fakhri Husaini (pssi.org)
17:36
17 Juli 2024

Punya Lisensi AFC Pro, 3 Pelatih Indonesia yang Bisa Tangani Timnas Malaysia

Kim Pan-gon memutuskan mundur dari jabatannya sebagai pelatih Timnas Malaysia. Hal ini diumumkan oleh Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) pada Selasa (16/7/2024).

FAM menyebut Kim Pan-gon memutuskan mundur karena komitmen pribadi. Jabatan pelatih kepala timnas Malaysia pun untuk sementara akan diisi asisten pelatih Pau Marti Vicente.

Datuk Wira menjelaskan bahwa FAM sempat membujuk Kim Pan-gon untuk tetap melatih Malaysia sesuai kontraknya, tetapi keinginan itu tidak dituruti oleh juru latih asal Korea Selatan tersebut.

Belum diketahui nama-nama mana saja yang dikabarkan bisa menjadi pengganti Kim Pan-gon di kursi kepelatihan Timnas Malaysia, tapi pelatih-pelatih asal Indonesia bisa saja mencoba peruntungan.

Baca Juga: Siapa Pau Marti Vicente? Eks Barcelona Jadi Pelatih Baru Timnas Malaysia

Karena saat ini sudah cukup banyak pelatih Indonesia berlisensi AFC Pro. Lisensi pelatih tertinggi di Asia yang memungkinkan seseorang untuk melatih di level Timnas Indonesia.

Berikut tiga pelatih Indonesia berlisensi AFC Pro yang bisa tangani Timnas Malaysia.

1. Aji Santoso

Pelatih yang syarat pengalaman menangani sejumlah klub di Indonesia ini sudah mengantongi lisensi pelatih AFC Pro cukup lama. Sehingga ia memenuhi syarat untuk bisa menangani tim nasional.

Aji Santoso juga punya pengalaman menjadi pelatih Timnas Indonesia di berbagai level. Ia sempat menjadi pelatih Timnas U-23 hingga caretaker Timnas Indonesia pada 2012.

Baca Juga: Pernah Soroti Timnas Indonesia, Kim Pan Gon Hengkang dari Timnas Malaysia

Saat ini ia baru saja bergabung dengan klub Liga 2, PSPS Pekanbaru, tapi bukan tidak mungkin jika tawaran melatih Timnas Malaysia datang bisa membuatnya hengkang.

2. Fakhri Husaini

Fakhri Husaini baru saja merampungkan kursus lisensi AFC Pro. Berbekal pengalamannya bersama Timnas Indonesia U-16 dan U-19, serta ilmu baru yang didapatkan, ia bisa memberikan warna baru untuk Timnas Malaysia.

3. Djajang Nurdjaman

Mantan pelatih yang membawa Persib Bandung menjuarai Liga Indonesia 2014 ini sedang dalam kondisi menganggur usai meninggalkan Persikabo. Ia salah satu pelatih lokal yang sudah mengantongi lisensi AFC Pro.

Sebagai pelatih, Djajang punya banyak pengalaman melatih klub-klub Indonesia. Pengalamannya bisa saja menarik buat FAM untuk merekrutnya sebagai pelatih Timnas Malaysia.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Irwan Febri

Tag:  #punya #lisensi #pelatih #indonesia #yang #bisa #tangani #timnas #malaysia

KOMENTAR