Siapa Lorenzo Pace Pemain Keturunan Jebolan Klub Serie A Italia yang Lahir di Bandung?
Lorenzo Pace saat memperkuat Lazio U-21. (Facebook/Lorenzo Pace)
20:06
16 Juli 2024

Siapa Lorenzo Pace Pemain Keturunan Jebolan Klub Serie A Italia yang Lahir di Bandung?

Pesepak bola kelahiran Bandung, Lorenzo Pace, sempat menjadi salah satu pemain yang mencuri perhatian karena dirinya tercatat pernah menimba ilmu bersama klub asal Italia, Lazio, ketika masih muda.

Lorenzo Pace memang bukan sosok yang asing, terutama bagi fans garis keras Lazio. Sebab, pemain kelahiran Bandung ini pernah berlatih bersama akademi Lazio dan memperkuat tim U-19 pada medio Juli 2012 hingga Agustus 2015.

Saat itu, Lorenzo Pace mengukir prestasi gemilang ketika membawa Lazio I-19 menjuarai Coppa Italia Primavera dua kali beruntun, yakni pada musim 2013/2014 dan 2014/2015. Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini juga selalu tampil di laga final.

Namun, saat usianya telah menginjak jenjang senior, dia gagal menembus tim utama. Pace justru bergabung bersama sejumlah klub semenjana Liga Italia semacam AS Viterbese yang berkompetisi di Serie D alias kasta keempat.

Baca Juga: Melempem di Malaysia, Pelatih Kedah FC Ungkap Alasan David da Silva Gacor di Liga Indonesia

Padahal, ketika itu dia jadi kapten tim Primavera Lazio hingga digadang-gadang menjadi bintang masa depan. Setelah meninggalkan AS Viterbese, dia kembali bermain bersama klub Serie D, SSD Cynthia 1920.

Sebetulnya, Lorenzo Pace sempat disebut-sebut memiliki ketertarikan untuk memperkuat Timnas Indonesia pada medio 2015. Sayangnya, harapan itu tidak pernah terwujud sampai saat ini.

Bahkan, pemain kelahiran Bandung, 10 Maret 1995 ini, pernah bergabung dengan Madura United. Sayangnya, dia gagal didaftarkan klub asal Pulau Garam itu karena terkendala masalah administrasi.

Saat itu, Pace yang berstatus sebagai warga negara Italia membuatnya harus terdaftar sebagai pemain asing. Dia juga sempat mencoba peruntungan dengan mengikuti trial bersama Persija Jakarta hingga Sriwijaya FC.

Sayangnya, upayanya untuk bisa merumput di Liga Indonesia gagal terwujud. Akhirnya, pemain yang punya darah Indonesia dari ibunya tersebut memutuskan untuk pulang ke Italia dan bergabung bersama klub lokal.

Baca Juga: Dimas Drajad ke Persib Bandung, Staf Pelatih Timnas Indonesia: Kurang Rizky Ridho

Dia tercatat memperkuat beberapa klub Serie D seperti Trastevere, FC Aprilia, Albalonga Calcio. Selain itu, ada pula klub-klub seperti Polisportiva Nouva Chiusi, Vis Artena, Arce, CS Primavera, Arce, dan Amatrice. 

Terakhir kali, pada musim 2023/2024, dia bermain bersama Casal Barriera. Bersama klub tersebut, statistiknya sudah sulit terlacak di berbagai sumber.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #siapa #lorenzo #pace #pemain #keturunan #jebolan #klub #serie #italia #yang #lahir #bandung

KOMENTAR