Profil Nico Williams Pemain Muda Terbaik di Final Euro 2024, Kakak Beradik Bintang Athletic Bilbao Tapi Beda Negara
Nico Williams (kanan) bersama rekannya sesama pemain muda Spanyol, Lamine Yamal, usai merayakan keberhasilan timnya menjuarai Euro 2024 setelah dalam final mengalahkan Inggris di Berlin pada 14 Juli 2024. [Dok.Antara]
17:12
15 Juli 2024

Profil Nico Williams Pemain Muda Terbaik di Final Euro 2024, Kakak Beradik Bintang Athletic Bilbao Tapi Beda Negara

Nico Williams terpilih sebagai pemain terbaik atau man of te match dalam pertandingan final Euro 2024. Winger Timnas Spanyol itu tampil apik dalam laga final mengalahkan Inggris dengan skor 2-1 di Olympiastadion, Berlin, Jerman, Senin (15/7/2024) dini hari WIB.

Nico Williams mencetak gol saat babak kedua baru berjalan dua menit. Lantas, siapa sosok Nico Williams dan bagaimana kariernnya di sepak bola?

Nico Williams kini bermain di Athletic Bilbao. Ia merupakan pemain muda berbakat yang lahir di Spanyol pada 12 Juli 2002. Penyerang sayap itu merupakan anak pasangan Felix Williams (ayah), Maria Williams (ibu) memiliki tinggi 181 cm.

Nico Williams anak kedua yang kedua orang tuanya berasal dari Ghana. Keluarganya pindah ke Spanyol tahun 1990-an.

Kakak laki-lakinya bernama Inaki Williams yang juga berprofesi sebagai pemain sepak bola. Keduanya bermain di Athletic Bilbao. Namun, sang kakak bermain di tanah kelahirannya, Ghana.

Karier Nico Williams

Jelang bergabung dengan akademi Osasuna tahun 2012, Nico Williams memulai kariernya di tim lokal Kota Pamplona. Setahun kemudian, Nico mengikuti jejak kakaknya dan pindah ke akademi Athletic Bilbao.

Ia menimba ilmu di akademi tersebut selama tujuh tahun sebelum naik ke Athletic Bilbao B pada tahun 2020.

Nico langsung memperlihatkan kehebatannya di musim pertamanya bersama Athletic Bilbao B dengan menorehkan 9 gol dan 12 assist dalam 26 pertandingan.

Performa gemilangnya membuat Nico dipanggil untuk masuk ke skuad utama Athletic Bilbao pada akhir musim. Ia mencatatkan debutnya pada 28 April 2021 saat menggantikan Jon Morcillo pada menit ke-62 di pertandingan yang mempertemukan Athletic Bilbao dengan Real Valladolid.

Pada musim 2021/22, Nico mendapat kesempatan promosi ke tim utama Athletic Bilbao dan bisa bermain bersama Inaki. Sayang, ia gagal memberikan penampilan terbaiknya meski diberi banyak kesempatan bermain. Nico hanya mampu mencatatkan 3 gol dan 1 assist dari 40 pertandingan.

Musim 2022/23 menjadi pembuktian Nico sebagai pemain muda berbakat. Dari 43 pertandingan yang dimainkan, ia berhasil mencetak 9 gol dan 6 assist.

Permainan Nico semakin tajam pada musim selanjutnya. Ia mencatatkan 8 gol dan 19 assist dalam 37 pertandingan. Selain itu, ia berhasil meraih trofi bergengsi pertamanya setelah membawa Athletic Bilbao menjuarai Copa del Rey.

Di level internasional, Nico sudah menjadi langganan Timnas Spanyol sejak berusia 17 tahun. Ia pertama kali membela Spanyol di kategori U18 pada Januari 2020. Setahun kemudian, ia bergabung dengan tim U21 Spanyol.

Penampilan apik Nico di Athletic Bilbao dan Timnas U21 Spanyol membuatnya dipanggil untuk membela Timnas Senior Spanyol oleh Luis Enrique pada tahun 2022.

Ia akhirnya mencatatkan debut untuk La Furia Roja pada 24 September 2022, tepatnya di pertandingan UEFA Nations League yang mempertemukan Spanyol dengan Swiss.

Kini ia menjadi salah satu punggawa penting Timnas Spanyol di berbagai ajang, termasuk Piala Dunia 2022 dan Euro 2024.

Gaji Nico Williams

DIlansir dari berbagai sumber, Nico Williams merupakan pemain kedua dengan gaji terbesar di Athletic Bilbao setelah kakaknya, Inaki Williams.

Ia mempunyai gaji sebesar €10,42 juta atau Rp182 miliar per tahun sejak menandatangani kontrak baru pada Desember 2023. Angka tersebut meningkat jauh dari kontrak sebelumnya, di mana ia hanya mendapat bayaran sebesar €260 ribu atau Rp4,5 miliar per tahun.

Ia juga diketahui mempunyai penghasilan di luar lapangan, seperti endorsemen media sosial dan kerja sama dengan Nike.

Editor: Riki Chandra

Tag:  #profil #nico #williams #pemain #muda #terbaik #final #euro #2024 #kakak #beradik #bintang #athletic #bilbao #tapi #beda #negara

KOMENTAR