Terungkap! Striker Top Dunia Eks Rekan Calvin Verdonk Punya Koneksi dengan Indonesia
Bek sayap Timnas Indonesia, Calvin Verdonk (kiri) saat bermain bersama striker timnas Belanda, Robin van Persie. [Dok. Feyenoord]
15:06
15 Juli 2024

Terungkap! Striker Top Dunia Eks Rekan Calvin Verdonk Punya Koneksi dengan Indonesia

Siapa yang menyangka striker top dunia mantan rekan Calvin Verdonk yakni Robin van Persie ternyata memiliki koneksi dengan Indonesia.

Ya, Van Persie yang merupakan legenda timnas Belanda, pernah bermain bersama Calvin Verdonk di Feyenoord Rotterdam pada Eredivisie 2018-2019.

Verdonk dan Van Persie sempat punya kenangan manis di mana eks striker Manchester United memberikan assist untuk gol yang dicetak bek sayap yang kini membela Timnas Indonesia tersebut.

Hal itu terjadi saat Feyenoord berhadapan dengan De Graafcshap pada 9 Februari 2019.

Baca Juga: Tak Ikut Campur Penembakan Donald Trump, Timnas Indonesia Tetap Bisa Kena Getahnya?

Di luar momen menarik dengan Calvin Verdonk, Robin van Persie ternyata punya koneksi dengan Indonesia, meski bukan perihal keturunan.

Banyak yang menyebut mantan striker Arsenal itu punya darah Indonesia dari sang nenek yang berasal dari Surabaya. Meski demikian, hal itu cuma sebatas asumsi dan tidak pernah ada bukti sahih.

Belakangan, ayah Robin van Persie, Bob, memberikan keterangan bahwa putranya tidak memiliki darah Indonesia.

Namun, dia menyampakan fakta menarik yang membuat Robin van Persie memiliki koneksi dengan Indonesia. Sang kakek disebut pernah bekerja di Hindia Belanda, nama Indonesia sebelum merdeka.

Kakek Van Persie bekerja sebagai angkatan laut Kerajaan Belanda. ""Kalaupun ada hubungannya dengan Indonesia. Dahulu kakek dan ayah saya bekerja di Hindia Belanda sebagai angkatan laut," kata Bob.

Baca Juga: Jejak Indonesia Masato Sugiharto: Striker Jebolan Klub Jay Idzes Kini Main di Liga Thailand

Bob menyampaikan hal itu kepada akun yang fokus membahas sepak bola Belanda dan Indonesia di X, @sepakbolanda. Mereka mengirim pertanyaan kepada Bob melalui email dan kemudian mendapat balasan seperti itu.

Robin van Persie saat ini sudah pensiun. Dia memutuskan gantung sepatu pada 1 Juli 2019 lalu.

Di sisi lain, Calvin Verdonk masih bermain dengan membela NEC Nijmegen. Dia berpeluang membawa Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026.

Verdonk dan para pemain Garuda sudah ditunggu putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang akan dimulai September 2024.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #terungkap #striker #dunia #rekan #calvin #verdonk #punya #koneksi #dengan #indonesia

KOMENTAR