Final Euro 2024: Unai Simon vs Jordan Pickford, Siapa Paling Jago Tepis Penalti?
Final Euro 2024: Unai Simon vs Jordan Pickford, Siapa Paling Jago Tepis Penalti? [Istimewa]
18:00
14 Juli 2024

Final Euro 2024: Unai Simon vs Jordan Pickford, Siapa Paling Jago Tepis Penalti?

Final Euro 2024 antara Spanyol vs Inggris akan berlangsunng Senin (15/7/2024) dinihari WIB. Laga final Euro 2024 akan berlangsung di Stadion Olimpiade Berlin.

Laga final Euro 2024 nanti diprediksi akan berlangsung sengit. Kedua tim sama-sama memiliki kans untuk bisa meraih gelar juara.

Spanyol lolos ke final Euro 2024 setelah di babak semifinal mengalahkan Prancis dengan skor 2-1. Dua gol ank asuh Luis De la Fuente dicetak oleh Lamine Yamal dan Dani Olmo.

Sementara satu gol Prancis dicetak oleh Randal Kolo Muani. Spanyol pun melangkah ke final Euro untuk kali kelima sepanjang sejarah.

Baca Juga: Final Euro 2024: Perpanjang Rekor Tanpa Trofi atau Pecah Telur Harry Kane?

Kiper Everton Jordan Pickford menunjukkan gestur menunjuk kepala setelah berhasil menghalau tendangan penalti gelandang Leicester City, James Maddison dalam laga pekan ke-34 Liga Inggris 2022-2023 di Stadion King Power, Leicester, Selasa (2/5/2023) dini hari WIB. Duel Leicester vs Everton berakhir dengan skor 2-2.Darren Staples/AFP.Kiper Everton Jordan Pickford menunjukkan gestur menunjuk kepala setelah berhasil menghalau tendangan penalti gelandang Leicester City, James Maddison dalam laga pekan ke-34 Liga Inggris 2022-2023 di Stadion King Power, Leicester, Selasa (2/5/2023) dini hari WIB. Duel Leicester vs Everton berakhir dengan skor 2-2.Darren Staples/AFP.

Sedangkan Inggris maju ke final Euro 2024 setelah mengalahkan Belanda juga dengan skor 2-1. Dua gol Inggris dicetak oleh Harry Kane dan Ollie Watkins.

Satu gol Belanda dicetak lewat sepakan indah dari Xavi Simons pada menit ke-7. Harry Kane dkk pun sukses mengulang capaian di final Euro 2020.

Menilik dari pertemuan di masa lampau, Inggris memiliki catatan positif. The Three Lions meraih kemenangan sebanyak 14 kali.

Sedangkan La Furia Roja hanya mampu meraih kemenangan 10 kali atas Inggris sepanjang sejarah di semua kompetisi. Sedangkan 3 pertandingan kedua tim berakhir dengan skor imbang.

Ditilik dari statistik kedua tim di babak knock out Euro 2024, baik Inggris dan Spanyol sama-sama pernah lakoni babak tambahan waktu.

Baca Juga: Usia 38 Tahun, Jesus Navas akan Pensiun usai Final Euro 2024

Inggris harus lakoni babak ekstra time saat menghadapi Slovakia di babak 16 besar. Mereka menang 2-1 lewat gol Harry Kane dan Jude Bellingham.

Di babak perempatfinal, Inggris bahkan sampai harus melalui babak adu penalti saat melawan Swiss. Di babak adu penalti, Inggris menang 5-3.

Sementara Spanyol hanya satu kali melakoni babak ekstra time yakni saat melawan Jerman di babak perempat final. Gol Mikel Merino saat itu antarkan tim Matador menang 2-1.

Adu Jago Pickford vs Unai Simon

Di laga final dinihari nanti, bukan tidak mungkin Spanyol dan Inggris akan menjalani babak adu penalti. Jika harus melakoni babak tos-tosan, kira-kira kiper siapa yang paling jago tepis penalti?

Di kubu Spanyol, Unai Simon pernah catatkan menepis penalti saat laga fase grup Euro 2024 melawan Kroasia. Saat itu, Simon menepis penalti dari Bruno Petkovic.

Secara statistik, Unai Simon seperti dikutip dari data Transfermarkt, hanya mampu memenpis tendangan penalti sebanyak 6 kali.

Penalti pertama yang ditepis Unai Simon sepanjang kariernya terjadi di kompetisi La Liga musim 2020/21. Saat itu, ia bermain untuk Bilbao dan menepis sepekan penalti pemain Getafe, Jaime Mata.

Sepanjang kariernya sebagai kiper, Simon tercatat telah kebobolan penalti sebanyak 28 kali. Dari data itu, Simon belum pernah kebobolan penalti dari pemain Inggris.

Kiper Spanyol Unai Simon menggagalkan peluang pemain Maroko Hakim Ziyech dalam pertandingan 16 besar Piala Dunia 2022 di Education City Stadium, Qatar, Selasa (6/12/2022). [AFP]Kiper Spanyol Unai Simon menggagalkan peluang pemain Maroko Hakim Ziyech dalam pertandingan 16 besar Piala Dunia 2022 di Education City Stadium, Qatar, Selasa (6/12/2022). [AFP]

Pemain yang sering bobol gawang Unai Simon dari sepakan penalti ialah Mikel Oyarzabal sebanyak 4 kali dan Karim Benzema dengan catatan 2 gol penalti.

Dari kubu Inggris, Jordan Pickford ternyata punya catatan menghalau penalti lebih banyak dari Unai Simon.

Kiper Everton itu sepanjang kariernya telah menepis 8 kali tendangan penalti. 7 dilakukan saat membela Everton dan 1 kali saat bermain untuk tim U-21 Inggris di ajang Euro U-21 2017.

Jordan Pickford pertama kali menepis tendangan penalti saat ia membela Everton U-21 musim 2012/13. Saat itu ia menepis sepakan penalti Omri Altman.

Sepanjang kariernya, Jordan Pickford kebobolan penalti sebanyak 54 kali. Ia juga tercatat belum pernah dibobol lewat sepakan penalti pemain Spanyol.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #final #euro #2024 #unai #simon #jordan #pickford #siapa #paling #jago #tepis #penalti

KOMENTAR