Ramai Naturalisasi Timnas Indonesia, Fans Timnas Pusat Kebakaran Jenggot: Mereka Munafik!
Ramai Naturalisasi Timnas Indonesia, Publik Belanda Kebakaran Jenggot: Mereka Munafik! [Instagram @jtutuarima]
17:54
13 Juli 2024

Ramai Naturalisasi Timnas Indonesia, Fans Timnas Pusat Kebakaran Jenggot: Mereka Munafik!

Ramai pemain naturalisasi di Timnas Indonesia yang mayoritas berasal dari Belanda rupanya jadi sorotan publik Negeri Kincir Angin tersebut.

Publik Belanda menyoroti soal kebijakan PSSI yang banyak melakukan naturalisasi untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Cibiran dan kritik pedas disampaikan salah satu warganet asal Belanda terkait proses naturalisasi pemain untuk Timnas Indonesia.

Salah satu akun dengan user name bernama Jack Jersey menuliskan komentar pedas ditujukan untuk pemain berdarah Belanda yang banyak memilih menjadi warga negara Indonesia.

Baca Juga: Siapa Orangtua Jens Raven, Bomber Anyar Timnas Indonesia yang Bakal Debut di Gelaran Piala AFF U-19

"(Mereka) bisa ambil uang dari Indonesia, tapi bermain untuk timnas mereka, apakah itu terlalu jauh?" tulis Jack pada kolom komentar pemberitaan salah satu media Belanda, de Gelderlander.

Jordy Tutuarima saat cetak gol untuk PEC Zwolle ke gawang Jong PSV (@jtutuarima)Jordy Tutuarima saat cetak gol untuk PEC Zwolle ke gawang Jong PSV (@jtutuarima)

Media Belanda itu pada Jumat 12 Juli 2024 menurunkan artikel tentang pemain berdarah Indonesia, Jordy Tutuarima.

"Jordy Tutuarima hoopt op Indonesisch avontuur, maar zal het nationale team nooit vertegenwoordigen: ‘Zo ben ik opgevoed’ tulis judul pemberitaan de Gelderlander.

Dalam ulasannya, Tutuarima sempat menyinggung bahwa ia tidak pernah membela Timnas Indonesia. Saat ini, Tutuarima berstatus tanpa klub.

Fenomena naturalisasi timnas Indonesia menurut netizen Belanda, Jack itu seperti kesalahan dalam proses pembinaan usia muda.

Baca Juga: Timnas U-20 Rencana Naturalisasi 3 Pemain Muda, Ini Kata Menpora RI

"Ada sederet pemain muda yang ikut seleksi PSSI yang berdarah Maluku. Apakah ini salah pembinaan pemain muda? Betapa munafiknya mereka jika kemudian semua itu karena uang. Selain itu, menurut saya, pelatih tim nasional tidak akan tertarik dengan bakat Anda," tulis Jack.

Salah satu pemain keturunan Maluku yang juga sahabat pemain Timnas Indonesia, Stefano Lilipaly, Jordy Tutuarima sempat bermain di Liga Armenia.

Tutuarima yang pernah ditargetkan PSSI untuk dinaturalisasi saat ini berkarier bersama FC Noah yang berkompetisi Armenian Premier League.

Berkarier jauh di Armenia, Tutuarima mengaku bahwa ia cukup rindu dengan masakan Indonesia atau makanan khas Maluku.

"Haha, iya itu masalahnya (kangen makanan Indonesia dan Maluku)," ucap Tutuarima.

Tutuarima yang pernah ditargetkan PSSI untuk dinaturalisasi saat ini berkarier bersama FC Noah yang berkompetisi Armenian Premier League.

Untungnya kata Tutuarima, sang istri kerap membuat masakan khas Thailand sebagai pengobat rasa rindu dengan masakan Indonesia.

"Istri saya kebetulan membuat kari Thailand. Rempah-rempah dari Asia sangat sulit didapat di sini (Armenia). Anda benar-benar harus mengimpornya," ungkap pemain yang pernah bermain di Telstar bersama Stefano Lilipaly.

Kata Jordy Tutuarima, ia memiliki tetangga yang membuka restoran sushi hingga membuatnya memberikan catatan rempah Asia untuk dibeli dari luar Armenia.

"Tetangga saya punya restoran sushi dan dia bisa memesan apa saja, jadi kami menitip darinya. Saya juga bisa makan makanan Armenia setiap hari," ungkapnya.

Pada 2018 lalu, Jordy Tutuarima mengungkap keinginannya untuk bisa membela Timnas Indonesia.

"Tentu saja mimpi saya masih bermain untuk Timnas. Itu tak hanya mimpi tetapi juga bermain untuk darah keturunan saya dan membantu suporter untuk sukses lagi dan mendapatkan banyak trofi,” katanya.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #ramai #naturalisasi #timnas #indonesia #fans #timnas #pusat #kebakaran #jenggot #mereka #munafik

KOMENTAR