Tak Main di Euro 2024, Pemain Keturunan Rp695 Miliar Masih Terbuka Bela Timnas Indonesia
Pemain keturunan Indonesia, Ian Maatsen yang gagal debut di Euro 2024. (Instagram/@maatsen_)
11:18
13 Juli 2024

Tak Main di Euro 2024, Pemain Keturunan Rp695 Miliar Masih Terbuka Bela Timnas Indonesia

Pemain keturunan seharga Rp695 miliar, Ian Maatsen masih punya peluang untuk memilih Timnas Indonesia usai dirinya gagal debut di Euro 2024.

Ian Maatsen merupakan pemain Belanda yang memiliki darah keturunan. Darah Indonesia miliknya berasal dari sang ibu dari Jawa-Suriname.

Walau sudah dipanggil ke Belanda, peluang Maatsen untuk memperkuat skuad Garuda ternyata belum tertutup. Hal itu karena ia gagal debut di Euro 2024.

Belanda sendiri melaju hingga semifinal Euro 2024. Namun, tim asuhan Ronald Koeman ditumbangkan Inggris dengan skor 1-2.

Baca Juga: Ironi Emil Audero! Jual Mahal Bela Timnas Indonesia Kini Kesalip Maarten Paes

Bek Timnas Belanda keturunan Jawa, Ian Maatsen. [Dok. AFP]Bek Timnas Belanda keturunan Jawa, Ian Maatsen. [Dok. AFP]

Ian Maatsen sama sekali tidak mencicipi menit bermain dengan timnas berjuluk Oranje ini. Ia kalah saing dengan Nathan Ake di posisi bek kiri.

Situasi ini membuat mantan pemain Chelsea tersebut masih berpeluang jika ingin memilih timnas Indonesia. Sebab, caps bersama timnas Belanda senior masih kosong.

Merujuk dari aturan FIFA, pemain yang tidak bersyarat untuk pindah federasi yaitu jika yang bersangkutan sudah memiliki tiga caps bersama timnas senior.

Melihat aturan tersebut, maka Ian Maatsen bersyarat. Namun tentunya ia sendiri yang harus menentukan apakah mau membela skuad Garuda.

Adapun Ian Maatsen kini akan memulai petualangan baru di kariernya. Ia memutuskan hengkang dari Chelsea secara permanen.

Baca Juga: Dikabarkan Gabung AZ Alkmaar, Harga Pasar Thom Haye Tak Kalah dari Saingannya

Sebelumnya Ian Maatsen tampil untuk Borussia Dortmund sebagai pemain pinjaman. Pemain kelahiran Belanda ini tampil apik membawa Die Borussen ke final Liga Champions.

Sepulang dari Dortmund, Maatsen memutuskan untuk pindah secara permanen dari Chelsea ke Aston Villa.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #main #euro #2024 #pemain #keturunan #rp695 #miliar #masih #terbuka #bela #timnas #indonesia

KOMENTAR