Harga Pasar Maarten Paes vs Gabungan 4 Kiper Empoli, Masih Unggul Jauh
Kiper Indonesia milik FC Dallas, Maarten Paes dirumorkan tengah diincar klub Serie A Empoli. [Dok. Instagram/@maartenpaes]
15:06
11 Juli 2024

Harga Pasar Maarten Paes vs Gabungan 4 Kiper Empoli, Masih Unggul Jauh

Membandingkan harga pasar Maarten Paes dengan harga pasar empat kiper gabungan Empoli, seiring adanya rumor yang mengaitkan kiper Indonesia itu dengan klub Serie A tersebut.

Nama Maarten Paes memang tengah dirumorkan menjadi target teratas Empoli pada bursa transfer musim panas 2024 ini.

Dilaporkan oleh Gianluca Di Marzio, Empoli menjadikan kiper berusia 25 tahun itu sebagai target teratas seiring hengkangnya dua kiper andalannya, yakni Elia Caprile dan Etrit Berisha.

Elia Caprile diketahui dibekap cedera dan harus pulang ke Napoli, sedangkan Etrit Berisha baru saja hengkang karena kontraknya habis.

Baca Juga: 3 Pemain Abroad yang Perkuat Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2024

Kepergian dua kiper yang jadi andalan itu membuat klub berjuluk Azzurri itu langsung menargetkan Maarten Paes untuk menjadi andalan di bawah mistar pada musim 2024/2025.

Selain Maarten Paes, Empoli juga memiliki opsi lainnya yakni kiper berkebangsaan Swiss yang membela Young Boys, Anthony Racioppi.

Hanya saja, Maarten Paes menjadi target teratas karena dianggap punya pengalaman dan tengah berada dalam performa apik di FC Dallas.

Sejatinya, Empoli sendiri masih memiliki empat kiper lainnya di skuadnya untuk pramusim ini. Namun, empat kiper itu dirasa belum bisa menjadi andalan.

Terlebih, gabungan harga pasar empat kiper Empoli itu ternyata masih kalah dari harga pasar Maarten Paes, yang membuktikan keempat kiper tersebut belum punya sepak terjang mumpuni.

Baca Juga: Melihat 3 Track Record Indra Sjafri saat Tukangi Timnas Indonesia U-19, Sedahsyat Apa?

Maarten Paes Unggul

Jika menilik laman Transfermarkt, Maarten Paes saat ini memiliki nilai pasar sekitar 1,5 juta euro atau setara dengan Rp26,3 miliar.

Nilai pasarnya itu unggul cukup jauh dari empat kiper Empoli saat ini, yakni Samuele Perisan, Niccolo Chiorra, Jacopo Seghetti, dan Valerio Biagini.

Bila nilai pasar keempat kiper itu digabungkan, maka Empoli saat ini hanya punya kiper dengan akumulasi nilai pasar sebesar 1,1 juta euro (Rp19,3 miliar) saja.

Akumulasi itu didapat dari nilai pasar Samuele Perisan yakni 600 ribu euro (Rp10,5 miliar), Niccolo Chiorra dengan 300 ribu euro (Rp5,2 miliar), Jacopo Seghetti dengan 150 ribu euro (Rp2,6 miliar), dan Valerio Biagini dengan 50 ribu euro (Rp877 juta).

Di samping itu, dari empat kiper tersebut hanya Samuele Perisan yang dicap berpengalaman, itu pun karena kiper berusia 26 tahun itu berstatus kiper ketiga Empoli pada musim lalu.

Sedangkan tiga nama lainnya berstatus kiper muda yang pengalamannya belum mumpuni karena bermain di kasta terbawah dan di kompetisi akademi.

Melihat fakta tersebut, tak mengherankan jika Maarten Paes langsung menjadi target teratas Empoli untuk pos penjaga gawang pada musim panas ini.

Terlebih, Maarten Paes selalu tampil solid di bawah mistar FC Dallas sejak bergabung pada Januari 2022 lalu dengan hanya kebobolan total 113 gol dari 94 penampilan dan mampu mencetak 22 Clean Sheets.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #harga #pasar #maarten #paes #gabungan #kiper #empoli #masih #unggul #jauh

KOMENTAR