Portugal vs Prancis: Roberto Martinez dan Deschamps Sepakat Skill Individu Bisa Tentukan Hasil Akhir
Gelandang timnas Prancis Adrien Rabiot bersama rekan-rekan satu timnya setelah akhir pertandingan Prancis melawan Belgia dalam babak 16 besar Euro 2024 di Duesseldorf Arena, Duesseldorf, pada 1 Juli 2024. (AFP/OZAN KOSE)
17:06
4 Juli 2024

Portugal vs Prancis: Roberto Martinez dan Deschamps Sepakat Skill Individu Bisa Tentukan Hasil Akhir

Pertandingan perempat final Euro 2024 antara Portugal dan Prancis diprediksi akan menjadi laga sengit. Kedua pelatih pun sepakat bahwa skill individu bisa menentukan hasil pertandingan nanti.

Duel Portugal vs Prancis akan berlangsung di babak perempat final Euroo 2024. Pertandingan akan berlangsung di Volksparkstadion, Hamburg pada Sabtu (6/7/2024) pukul 02.00 WIB.

Portugal dan Prancis lolos ke perempat final dengan performa tidak meyakinkan. Hal itu membuat pertandingan ini diprediksi bakal berjalan alot.

Selecao Das Quinas, yang meski lolos sebagai pemuncak Grup F, menderita kekalahan mengejutkan dari Georgia dengan skor 0-2 dalam matchday terakhirnya.

Baca Juga: Supercomputer Tak Lagi Favoritkan Inggris Juara Euro 2024

Sementara di babak 16 besar, Portugal harus susah payah mengalahkan Slovakia lewat drama adu penalti dengan skor 3-0 setelah bermain imbang tanpa gol selama 120 menit.

Di sisi lain, Prancis bahkan cuma finis sebagai runner-up Grup D dengan hanya meraih satu kemenangan dan dua hasil imbang.

Kolase foto Cristiano Ronaldo dan Kylian Mbappe di Euro 2024. [Dok. AFP]Kolase foto Cristiano Ronaldo dan Kylian Mbappe di Euro 2024. [Dok. AFP]

Di babak 16 besar, Prancis berhasil menang atas Belgia tetapi dengan susah payah di mana mereka unggul 1-0 berkat gol bunuh diri Jan Vertonghen.

Sejauh ini, Prancis bahkan belum mencetak gol dari open play. Dari tiga gol yang mereka buat, dua diantaranya dihasilkan bunuh diri lawan dan satu gol lewat penalti yang dieksekusi Kylian Mbappe.

Meski demikian, pelatih Portugal, Roberto Martínez, mengakui kekuatan Prancis yang luar biasa. Namun dia optimis timnya mampu memanfaatkan celah tersebut untuk menciptakan peluang dan mencetak gol.

Baca Juga: Sedih Rumania Tersingkir di Euro 2024, Edward Iordanescu: Kami Mengakhiri Kisah Hebat

"Mereka sangat kuat, tapi mungkin akan meninggalkan ruang di belakang lini," ujar Martínez dikutip dari laman resmi UEFA, Kamis (4/7/2024).

Martinez menjelaskan bahwa pertandingan fase knock-out memiliki level berbeda dari fase grup. Dia pun memprediksi laga bisa ditentukan oleh kualitas individu pemain.

Penyerang timnas Portugal, Cristiano Ronaldo melakukan selebrasi setelah memenangkan pertandingan babak 16 besar Euro 2024 antara Portugal vs Slovenia di Frankfurt Arena di Frankfurt am Main pada 1 Juli 2024.PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP.Penyerang timnas Portugal, Cristiano Ronaldo melakukan selebrasi setelah memenangkan pertandingan babak 16 besar Euro 2024 antara Portugal vs Slovenia di Frankfurt Arena di Frankfurt am Main pada 1 Juli 2024.PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP.

"Turnamen sekarang memiliki detail yang berbeda, karena Anda bisa menang melalui adu penalti dan Anda bisa menciptakan momen dengan kualitas individu," jelas Martínez.

Di sisi lain, pelatih Prancis Didier Deschamps tak mau meremehkan kekuatan Portugal. Senada dengan Martinez, dia memprediksi hasil akhir bisa ditentukan dari kemampuan atletis para pemainnya.

"Kami punya kualitas dan bakat, tapi ada banyak tim yang memilikinya," kata Deschamps.

"Di level tertinggi, ada kebutuhan untuk solid dan bekerja keras bersama."

"Semua orang mengalami kemajuan, dan ada persamaan antara semua pertandingan ini: intensitas atletik berada pada level tertinggi," ujarnya.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #portugal #prancis #roberto #martinez #deschamps #sepakat #skill #individu #bisa #tentukan #hasil #akhir

KOMENTAR