Profil Suwon FC Klub Baru Pratama Arhan di Korea Selatan
Bek sayap Timnas Indonesia, Pratama Arhan, resmi diumumkan sebagai pemain baru klub kasta tertinggi Liga Korea Selatan (K League 1), Suwon FC, Selasa (16/1/2024). [Dok. Instagram/@suwonfc]
18:18
18 Januari 2024

Profil Suwon FC Klub Baru Pratama Arhan di Korea Selatan

Bek kiri Timnas Indonesia, Pratama Arhan resmi bergabung dengan klub papan atas Liga Korea Selatan, Suwon FC pada Selasa (16/1/2024) lalu. Suwon FC mengumumkan kedatangan Arhan lewat unggahan Instagram di akun resmi klub. "Suatu kehormatan bisa bersama Arhan! Selamat datang di Suwon FC!" tulis Suwon FC.

Diketahui Arhan bergabung setelah tak mendapat perpanjangan kontrak bersama klub Jepang, Tokyo Verdy. Simak profil Suwon FC yang merupakan klub baru Pratama Arhan berikut ini.

Profil Suwon FC

Suwon FCSuwon FC

Suwon FC merupakan klub asal kota Suwon, Korea Selatan yang berada di dalam provinsi Gyeonggi dan juga bertetangga dengan Seoul. Klub ini dibentuk pada tahun 2003 dan mengawali perjalanan dengan berkompetisi di Korea National League sebagai klub semi profesional. 

Kota Suwon tempat Suwon FC bermarkas punya klub yang lebih terkenal dan berprestasi yakni Suwon Samsung Bluewings. Suwon FC awalnya dibentuk oleh pemerintah Suwon sebagai wadah untuk mematangkan para talenta muda sebelum ke Suwon Bluewings.

Suwon FC kemudian menjadi klub profesional pada tahun 2012 dan mengajukan sebagai peserta liga. Mereka bergabung dengan K-League 2 pada 2013 dan finis di urutan keempat pada musim debutnya. Hal itu menjadikan Suwon FC sebagai satu-satunya tim kasta kedua yang tembus semifinal FA Cup Korea.

Setelah tiga musim, Suwon FC promosi ke kasta teratas setelah menang 3-0 atas Busan IPark meski mereka harus langsung terdegradasi. Klub ini kembali ke kasta teratas pada tahun 2020 usai jadi runners up kasta kedua Korsel dan menjadi peserta K1 League sejak itu. 

Suwon juga berhasil jadi 3 kali juara Korea National League Championship, piala domestik untuk klub-klub semi profesional yang bergulir antara tahun 2004-2019. Suwon FC yang ketika itu masih bernama Suwon City adalah pemilik terbanyak gelar juara (3) bersama tiga klub lain.

Pada musim 2022, Suwon FC sempat menyita perhatian karena merekrut Shin Jae Won yang merupakan anak pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong. Namun kini Shin Jae Won telah pindah ke klub K-2 League, Seongnam FC. Pada musim ini Suwon FC dilatih Kim Eun Jung, mantan pelatih timnas Korea Selatan U-20 yang berhasil menembus semifinal di Piala Dunia U-20 2023.

Sementara itu logo Suwon FC menggambarkan motif simbolis Janganmun dan Paldalmun dari Benteng Hwaseong yang melambangkan Kota Suwon. Empat setrip warna biru tua adalah simbol keempat distrik kota Suwon Gwonseon-Jangan-Padal-Yeongtong sedangkan tiga garis merah melambangkan persatuan antara klub, fans, dan bisnis lokal.

Di Suwon FC, Arhan akan bermain salah satunya bersama penyerang sayap kiri Lee Seung-woo yang jadi top skor klub pada dua laga terakhir. Lee adalah pemuda yang meroket di Danone Nations Cup 2010 dan pernah bergabung dengan akademi Barcelona.

Lee bahkan mendapat julukan "Messi dari Korea" ketika di La Masia. Dia sempat memperkuat tim B Barcelona tetapi pindah ke Hellas Verona sebelum melakoni debutnya bersama tim utama Barca. 

Selain itu Lee juga memperkuat timnas Korsel di Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang. Dia mencetak gol pada laga 16 besar kontra Iran, semifinal kontra Vietnam, dan pada laga pamungkas kontra Jepang untuk memenangkan medali emas.

Biodata Suwon FC

Nama Lengkap: Suwon Football Club
Berdiri: 15 Maret 2003
Basis: Kota Suwon
Stadion: Suwon Stadium
Kapasitas: 11.808 kursi
Divisi: K League 1
Pelatih: Kim Eun Jung
Prestasi:
- Juara Liga Nasional (Semi Profesional-2010)
- Juara Piala Liga Nasional (Semi Profesional-2005, 2007, 2012
- Juara Gyeonggido Sports Festival (Semi Profesional-2003, 2004, 2005, 2006, 2007, 2008, 2011, 2012)
- Juara Piala Presiden (Semi Profesional-2004, 2007)

Kontributor : Trias Rohmadoni

Editor: Dany Garjito

Tag:  #profil #suwon #klub #baru #pratama #arhan #korea #selatan

KOMENTAR