Tegaskan Bukan RMS, Tristan Gooijer Buka Peluang Bela Timnas Indonesia?
Pemain Ajax Amsterdam keturunan Indonesia, Tristan Gooijer. (Instagram/ajax)
18:18
1 Juli 2024

Tegaskan Bukan RMS, Tristan Gooijer Buka Peluang Bela Timnas Indonesia?

Pemain muda Ajax Amsterdam, Tristan Gooijer, menegaskan dirinya bukan bagian gerakan Republik Maluku Selatan (RMS). Apakah hal ini membuatnya berpeluang membela Timnas Indonesia?

Baru-baru ini, sepak bola Indonesia dibuat heboh dengan pengakuan pemain keturunan, Tristan Gooijer, lewat unggahan Instagram Story Exclusive-nya.

Melalui akunnya, @tristangooijer, pemain berusia 19 tahun itu menyebutkan bahwa dirinya dan keluarganya bukanlah bagian dari Republik Maluku Selatan (RMS) seperti dugaan banyak pihak.

“Untuk orang-orang yang masih bertanya, saya dan keluarga saya bukanlah RMS,” bunyi unggahan Tristan Gooijer di Instagram Story Exclusive-nya.

Baca Juga: BREAKING NEWS! KMSK Deinze Cuci Gudang, Resmi Lepas Marselino Ferdinan dan 10 Pemain Lain

Sebagai informasi, dugaan ini hadir karena Tristan memiliki darah Maluku. Lalu, dugaan itu menguat karena pernyataannya saat berbincang dengan Yussa Nugraha beberapa bulan lalu.

“Saya pernah bicara dengan mereka (PSSI) dan kita ngobrol dengan baik. Tapi saya belum mendalami situasinya, karena situasiku beda tentunya dari pemain yang lain,” kata Tristan.

“Situasi saya lebih berbeda dan sedikit sulit untuk menjelaskannya. Saya belum tahu situasi Maluku dan Indonesia,” lanjut Tristan.

Pernyataan itu membuat Tristan dan keluarganya diduga bagian dari RMS. Terlebih gerakan tersebut terbilang solid di Belanda hingga saat ini.

Lantas, apakah pengakuan Tristan Gooijer yang menegaskan dirinya dan keluarganya bukanlah bagian RMS menjadi tanda dirinya membuka peluang membela Timnas Indonesia?

Baca Juga: Lawan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026, China Incar 2 Pemain Naturalisasi Baru

Banyak Pertimbangan?

Jika melihat situasinya saat ini, tentu peluang Tristan Gooijer membela Timnas Indonesia masih terbuka. Tapi itu semua tergantung dengan keluarganya.

Tristan sendiri mengakui bahwa keputusan membela Timnas Indonesia bukan hanya ada pada dirinya, melainkan juga keluarganya.

“Kalau misal saya mengambil keputusan yang membuat keluarga saya tidak setuju, saya tak mau hal itu terjadi,” jawab Tristan soal kemungkinan membela Indonesia.

Karenanya, Tristan pun harus banyak berkonsultasi dengan keluarganya terlebih dahulu sebelum nantinya membuka peluang membela Timnas Indonesia.

Peranan keluarga terbilang amat penting bagi karier para pemain keturunan. Tak hanya Tristan, beberapa pemain diaspora juga disebut-sebut menolak Indonesia karena keluarganya.

Sebagai contoh ada Mees Hilgers yang sempat disebut-sebut dilarang oleh kedua orang tuanya, yang kemudian dibantah oleh pemain FC Twente tersebut.

Lalu ada Kevin Diks dan Emil Audero Mulyadi yang juga disebut-sebut tak mendapat restu dari orang tuanya untuk membela Timnas Indonesia.

Terlepas dari restu keluarga, Tristan sendiri diyakini lebih memilih fokus pada kariernya terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan membela Timnas Indonesia.

Saat ini, dirinya berpeluang besar menjadi andalan di tim utama Ajax Amsterdam setelah beberapa kali dimainkan di Eredivisie dan Liga Europa pada musim 2023/2024 lalu.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #tegaskan #bukan #tristan #gooijer #buka #peluang #bela #timnas #indonesia

KOMENTAR