Jadi Andalan Timnas Indonesia, Tapi Marselino Ferdinan dan Thom Haye Jadi Pesepak Bola Pengangguran Hari Ini
Pesepak bola Timnas Indonesia Thom Jan Haye (kanan) berselebrasi dengan rekannya usai mencetak gol ke gawang Timnas Filipina dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nym.
08:42
1 Juli 2024

Jadi Andalan Timnas Indonesia, Tapi Marselino Ferdinan dan Thom Haye Jadi Pesepak Bola Pengangguran Hari Ini

Thom Haye dan Marselino Ferdinan, dua gelandang timnas Indonesia, resmi menjadi pemain tanpa klub setelah kontrak mereka habis bersama klub Eropa masing-masing.

Hal ini tentu menimbulkan kekhawatiran bagi masa depan timnas Indonesia, mengingat peran penting keduanya di lini tengah.

Haye yang berusia 29 tahun, mengakhiri kebersamaannya dengan SC Heerenveen setelah empat musim.

Meskipun menjadi pemain andalan di musim lalu dengan 32 penampilan, 4 gol, dan 4 assist, Heerenveen memilih untuk tidak memperpanjang kontraknya.

Baca Juga: Piala AFF U-19 2024: Lawan Australia, Timnas Indonesia U-16 Siap Tampilkan Permainan Terbaiknya

Sebelumnya, Haye dikaitkan dengan kepindahan ke Como 1907 di Italia, namun ketertarikan klub memudar setelah promosi ke Serie A.

Sementara itu, Marselino Ferdinan, pemain muda berbakat berusia 18 tahun, juga tidak mendapatkan perpanjangan kontrak dari KMSK Deinze.

Klub Belgia ini menjadi tempat awal bagi Marselino untuk menapaki karir di Eropa.

Selama 1,5 tahun bersama Deinze, Marselino mencatatkan 7 penampilan dan 1 gol.

Rumor yang beredar menyebutkan bahwa Oxford United, klub kasta kedua Liga Inggris milik pengusaha Indonesia, Anindya Bakrie dan Erick Thohir, tertarik untuk menampungnya.

Baca Juga: 2 Kekuatan Australia U-16 yang Diwaspadai Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2024

Masa Depan Timnas Terancam?

Kehilangan Haye dan Marselino tentu menjadi pukulan bagi timnas Indonesia.

Di tengah persiapan menuju berbagai turnamen internasional, termasuk Piala AFF 2024, kedua pemain ini diharapkan dapat segera menemukan klub baru agar performa dan jam terbang mereka di level kompetitif terjaga.

Perlu diingat bahwa Haye dan Marselino merupakan pemain penting di lini tengah timnas.

Haye dikenal dengan kemampuannya dalam mengatur tempo permainan dan distribusi bola, sedangkan Marselino memiliki visi dan kreativitas yang mumpuni dalam menciptakan peluang.

Kehilangan dua pilar ini dikhawatirkan akan mengganggu keseimbangan dan kekuatan timnas.

Oleh karena itu, PSSI dan para pemangku kepentingan sepak bola Indonesia perlu memberikan dukungan kepada Haye dan Marselino agar mereka dapat segera menemukan klub baru yang tepat untuk melanjutkan karirnya.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #jadi #andalan #timnas #indonesia #tapi #marselino #ferdinan #thom #haye #jadi #pesepak #bola #pengangguran #hari

KOMENTAR