Deretan Pelatih Spanyol yang Ramaikan Liga 1 Selain Carlos Perna! Ada yang Tersingkat
Pelatih Persija Jakarta Carlos Pena saat dikenalkan kepada awak media (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).
16:36
30 Juni 2024

Deretan Pelatih Spanyol yang Ramaikan Liga 1 Selain Carlos Perna! Ada yang Tersingkat

Transfermarkt mencatat bahwa Carlos Pena menjadi satu dari banyaknya pelatih Spanyol yang berkarier di Liga 1 sejak 2017, saat dia resmi menangani Persija Jakarta.

Pena hanya dikontrak selama satu musim oleh Persija, menggantikan Thomas Doll.

Sebelum Pena, beberapa pelatih Spanyol sebelumnya yang pernah melatih di Liga 1 adalah Rafa Berges. Berges pertama kali muncul di Indonesia pada 2018, mengarsiteki Mitra Kukar di Liga 1. Lantas ada siapa lagi?

1. Eduardo Perez

Baca Juga: Momen Pelatih Anyar Persija Bikin Jordi Amat Mati Kutu di La Liga Spanyol

Pelatih PSS Eduardo Perez menemui pewarta usai memimpin timnya berlatih di Lapangan B Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (4/2/2020). Latihan itu menjadi persiapan PSS menuju Liga 1 Indonesia 2020. (ANTARA/Michael Siahaan)Pelatih PSS Eduardo Perez menemui pewarta usai memimpin timnya berlatih di Lapangan B Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (4/2/2020). Latihan itu menjadi persiapan PSS menuju Liga 1 Indonesia 2020. (ANTARA/Michael Siahaan)

Eduardo Perez sebelumnya menjabat sebagai pelatih kiper Timnas Indonesia sebelum digantikan oleh Julio Banuelos.

Pada Januari 2020, PSS Sleman menunjuknya sebagai pelatih menggantikan Seto Nurdiantoro yang pindah ke PSIM Yogyakarta.

Namun, kehadiran Perez ditentang oleh suporter PSS, sehingga dia memilih mundur dari jabatan tersebut pada Februari 2020, sebelum dimulainya kompetisi Liga 1 2020.

2. Luis Milla

Kenangan Luis Milla saat masih menukangi Persib dalam BRI LIga 1 (persib.co.id)Kenangan Luis Milla saat masih menukangi Persib dalam BRI LIga 1 (persib.co.id)

Luis Milla dikenal luas di Indonesia saat menangani Timnas pada 2017-2018 sebelum kembali ke Spanyol, dan kemudian menjadi pelatih Persib pada awal musim 2022/2023.

Baca Juga: Kemampuannya Diragukan Suporter Persija, Carlos Pena: Saya Terima Kritik... Tapi Jangan Nilai Sekarang

Dia membawa Maung Bandung finis di peringkat ketiga setelah awal musim yang sulit.

Namun, setelah hanya tiga pertandingan di BRI Liga 1 2023/2024, Milla mundur karena masalah pribadi, bukan karena performa tim.

Dia memimpin Persib dalam 30 pertandingan, meraih 17 kemenangan, tujuh seri, dan enam kekalahan.

3. Julio Banuelos

Pelatih Persija Julio Banuelos. ANTARA/HO/Tim PersijaPelatih Persija Julio Banuelos. ANTARA/HO/Tim Persija

Julio Banuelos, asisten pelatih Luis Milla dan pelatih kiper Timnas Indonesia pada 2018, juga mencoba peruntungannya dengan Persija Jakarta di Liga 1 2019.

Namun, karirnya bersama Macan Kemayoran berakhir singkat setelah hanya 18 pertandingan, dengan lima kemenangan, lima kekalahan, dan delapan hasil imbang. Banuelos meninggalkan Persija pada September tahun itu.

4. Josep Gombau

Pelatih Persebaya Josep Gombau (kiri) bersama kapten tim Reva Adi Utama (kanan) foto bersama usai konferensi pers di Surabaya, Jumat (22/9/2023). (ANTARA/Naufal Ammar Imaduddin)Pelatih Persebaya Josep Gombau (kiri) bersama kapten tim Reva Adi Utama (kanan) foto bersama usai konferensi pers di Surabaya, Jumat (22/9/2023). (ANTARA/Naufal Ammar Imaduddin)

Josep Gombau datang ke Persebaya Surabaya sebagai direktur teknik dan pelatih kepala pada September 2023, diharapkan untuk meningkatkan performa Bajul Ijo di BRI Liga 1 2023/2024.

Namun, kepemimpinannya hanya bertahan dalam enam pertandingan dengan hasil yang mengecewakan dengan satu kemenangan, satu seri, dan empat kekalahan, menghasilkan total empat poin.

Serangkaian kekalahan termasuk kekalahan 2-3 dari Persib Bandung, 1-3 dari Bali United, dan 0-3 dari Persik Kediri.

Setelah dipecat dari Persebaya, Josep Gombau kemudian menjabat sebagai manajer Aston Villa U-21 di Premier League 2 mulai Januari 2024 hingga saat ini.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #deretan #pelatih #spanyol #yang #ramaikan #liga #selain #carlos #perna #yang #tersingkat

KOMENTAR