Segrup dengan Timnas Indonesia, Media Australia: Socceroos di Grup Sulit
Gelandang Australia, Jackson Irvine melepaskan tembakkan yang menjadi gol setelah bola terbentur kaki bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott dalam laga babak 16 besar Piala Asia 2023 di di Stadion Jassim bin Hamad di Doha pada 28 Januari 2024. Giuseppe CACACE / AFP.
16:30
27 Juni 2024

Segrup dengan Timnas Indonesia, Media Australia: Socceroos di Grup Sulit

Timnas Indonesia tergabung di grup C pada putaran ketiga babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Di grup C, anak asuh Shin Tae-yong bersama Australia, Jepang, Cina, Bahrian dan Arab Saudi.

Grup C memang bisa dibilang sebagai grup neraka dibanding dengan dua grup lainnya, grup A dan grup C. Terkait hasil undian ini, salah satu media Australia, menyebut pasukan Graham Arnold berada di grup sulit.

"Socceroos masuk grup sulit di kualifikasi Piala Dunia," tulis judul pemberitaan The Age, Kamis (27/6/2024).

"Meskipun terhindar dari mimpi buruk ke Korea Utara, takdir mengharuskan Australia berada di grup bersama dua raksasa Asia di grup C, serta Bahrian, Cina dan Indonesia," ulas media Australia itu.

Baca Juga: Detik-detik Timnas Indonesia Bantai Bahrain di Jakarta, Si Piton Cetak Gol Indah

Laporan The Age memaparkan kondisi Australia sedang tidak baik-baik saja setelah serangkaian hasil buruk di sejumlah pertandingan.

Faktanya, Australia memang tidak pernah mengalahkan Jepang atau Arab Saudi di 4 pertandingan terakhir, baik laga kandang dan tandang.

Australia kalah 1-2 dari Jepang di Saitama, imbang tanpa gol melawan Saudi di kandang sendiri, lalu kalah lagi dari tim Samurai Biru 0-2 di Sydney.

Namun dalam ulasannya, media Australia itu menyebut bahwa anak asuh Graham Arnold punya rekor baik melawan dua negara lainnya, Bahrian dan Indonesia.

"Socceroos tidak pernah kalah dari Bahrian atau Indoensia dan hanya kalah dua kali dari Cina dalam 40 tahun terakhir,"

Baca Juga: Shin Tae-yong Realistis Soal Peluang Timnas Indonesia di Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong punya modal besar untuk bisa tekuk Australia. Di babak fase grup Piala Asia U-23, tim Merah Putih sukses meraih kemenangan 1-0 atas Australia U-23.

Padahal, tim Merah Putih saat itu dipandang sebelah mata dan diprediksi akan mengalami kekalahan. Gol dar Komang Teguh pada menit ke-45 saat itu membungkam Socceroos di Abdullah bin Nasser bin Khalifa Stadium.

Laga Timnas Indonesia vs Australia akan berlangsung pada September 2024. Pertandingan ini besar kemungkinan akan dihelat di Surabaya.

Berikut jadwal Timnas Indonesia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia:

5 September 2024 - Arab Saudi vs Indonesia
10 September 2024 - Indonesia vs Australia*
10 Oktober 2024 - Bahrain vs Indonesia
15 Oktober 2024 - China vs Indonesia
14 November 2024 - Indonesia vs Jepang*
19 November 2024 - Indonesia vs Arab Saudi*
20 Maret 2025 - Australia vs Indonesia
25 Maret 2025 - Indonesia vs Bahrain*
5 Juni 2025 - Indonesia vs China*
10 Juni 2025 - Jepang vs Indonesia

*Laga kandang

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #segrup #dengan #timnas #indonesia #media #australia #socceroos #grup #sulit

KOMENTAR