Koneksi Belanda, ETH Rayu Ruud van Nistelrooy Balik ke Manchester United Jadi Staf Pelatih
Ruud van Nistelrooy saat masih jadi pelatih PSV Eindhoven. [SEBASTIEN BOZON / AFP]
22:00
24 Juni 2024

Koneksi Belanda, ETH Rayu Ruud van Nistelrooy Balik ke Manchester United Jadi Staf Pelatih

Manajer Manchester United, Erik ten Hag (ETH) kabarnya berencana melakukan perubahan di staf kepelatihannya jelang musim 2024/2025. Tak tanggung-tanggung, legenda Setan Merah, Ruud van Nistelrooy diajak masuk staf kepelatihan Ten Hag.

Erik ten Hag dipastikan bertahan di Manchester United untuk musim 2024/2025, setelah sebelumnya di bawah tekanan pemecatan usai performa buruk Setan Merah di kampanye 2023/2024 meski berhasil menjuarai Piala FA.

Investor baru Manchester United, Sir Jim Ratcliffe di bawah perusahaan INEOS diketahui telah mendekati sederet pelatih. Namun setelah menimbang-nimbang, ETH adalah pilihan terbaik untuk tetap menukangi Manchester United musim depan.

Setelah dipastikan bertahan, Ten Hag kabarnya siap melakukan perubahan di staf kepelatihan Manchester United.

Baca Juga: Diminati Manchester United, Konsentrasi Bek Andalan Italia sampai Terpecah di Euro 2024

Diklaim pakar transfer Fabrizio Romano, Ten Hag dan Manchester United telah mendekati Ruud van Nistelrooy untuk mengajak pria 47 tahun itu comeback ke Old Trafford. ETH dan Van Nistelrooy sendiri sama-sama berkebangsaan Belanda.

Ruud van Nistelrooy saat masih jadi pelatih PSV Eindhoven. [SEBASTIEN BOZON / AFP]Ruud van Nistelrooy saat masih jadi pelatih PSV Eindhoven. [SEBASTIEN BOZON / AFP]

Van Nistelrooy pernah memperkuat Manchester United sebagai pemain medio 2001-2006. Ia dikenal sebagai penyerang yang ganas dengan torehan 150 gol dari 219 pertandingan bersama Setan Merah.

Mantan bomber Timnas Belanda itu juga sudah berpengalaman sebagai pelatih kepala dengan menukangi tim elite Belanda, PSV Eindhoven pada musim 2022/2023 lalu, membawa klub tersebut juara KNVB Cup dan Johan Cruyff Shield.

Van Nistelrooy bukan dipecat PSV waktu itu, melainkan dia sendiri yang memutuskan mundur karena merasa tak mendapat dukungan dari klub.

Namun, rencana Manchester United kembali rutin melihat sosok Van Nistelrooy di Old Trafford bisa jadi tak akan terwujud, setidaknya untuk dalam waktu dekat.

Baca Juga: Erik Ten Hag Ungkap Manchester United Sempat Dekati Thomas Tuchel

Pasalnya, tim yang baru terdegradasi dari Premier League, Burnley, kabarnya sangat berhasrat untuk menjadikan Van Nistelrooy sebagai pelatih baru mereka, menggantikan Vincent Kompany yang pindah ke Bayern Munich.

Bisa jadi posisi pelatih kepala di Burnley, meski mereka hanya akan tampil di Divisi Championship (divisi dua Inggris) musim depan, lebih menggiurkan untuk Van Nistelrooy ketimbang hanya jadi asisten Ten Hag di Manchester United.

Van Nistelrooy sebelumnya juga pernah bekerja sebagai asisten manajer Timnas Belanda pada dua periode, yakni di 2014-2016 dan 2019-2022.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #koneksi #belanda #rayu #ruud #nistelrooy #balik #manchester #united #jadi #staf #pelatih

KOMENTAR