Liga 1 2024/2025 Dipastikan Tetap Pakai Wasit Asing, Bukan Hanya dari Jepang
Bendera sepak pojok dengan logo Liga 1. [dok. BRI Liga 1]
07:12
21 Juni 2024

Liga 1 2024/2025 Dipastikan Tetap Pakai Wasit Asing, Bukan Hanya dari Jepang

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi memastikan tetap menggunakan wasit asing di Liga 1 musim 2024/2025.

Direktur Utama LIB, Ferry Paulus menjelaskan bahwa wasit asing yang akan menjadi pengadil di kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia tersebut mempunyai strata yang sama dengan wasit pada musim sebelumnya.

"Oh, stratanya sama seperti kemarin. Ada dari Jepang, sama ada dari luar Jepang," ungkap Ferry seperti dimuat Antara, Kamis (20/6/2024).

Selain bakal tetap menggunakan wasit asing, Liga 1 musim depan juga dipastikan akan menggunakan teknologi video assistant referee (VAR) yang telah digunakan pada babak Championship Series kompetisi musim lalu.

Baca Juga: Bikin Kuping PSSI Panas, Sumardji Jamin Timnas Indonesia Bersih dari Pemain Titipan

Liga 1 2024/2025 kembali menggunakan format kompetisi liga.

LIB selaku operator Liga Indonesia menguraikan bahwa tidak digunakannya format Championship Series seperti musim 2023/2024 dikarenakan format tersebut memerlukan jangka waktu yang lama untuk menyelesaikan satu musim kompetisi, sehingga tidak sinkron dengan kalender dari Timnas Indonesia.

Ferry menegaskan bahwa format Championship Series bukan tidak bagus untuk dijadikan sistem kompetisi, namun ditinjau dari segi efisiensi waktu yang memang tidak mencukupi untuk bisa berkesinambungan dengan kalender Timnas Indonesia.

Oleh sebab itu, PSSI dan LIB memutuskan untuk kembali menggunakan format liga yang normal dalam sistem kompetisi Liga 1 musim depan.

"Jadi bukan tidak bagus Championship Series. Championship Series ini sebetulnya animonya besar dari sisi produk tapi kebutuhan waktunya yang tidak mencukupi sehingga mau tidak mau kita harus balik ke sistem kompetisi liga yang penuh," kata Ferry.

Baca Juga: Piala Presiden Resmi Dibatalkan, Musim Baru Liga 1 Langsung Digelar Tanpa Turnamen Pramusim

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #liga #20242025 #dipastikan #tetap #pakai #wasit #asing #bukan #hanya #dari #jepang

KOMENTAR