Bikin Kuping PSSI Panas, Sumardji Jamin Timnas Indonesia Bersih dari Pemain Titipan
Timnas Indonesia senior. (dok. PSSI)
22:36
20 Juni 2024

Bikin Kuping PSSI Panas, Sumardji Jamin Timnas Indonesia Bersih dari Pemain Titipan

PSSI melalui anggota Komite Eksekutif (Exco), Sumardji menjamin Timnas Indonesia saat ini tanpa pemain titipan. Ia mengaku kupingnya sampai panas mendengar rumor timnas diisi sejumlah pemain titipan.

Kabar adanya pemain titipan di Timnas Indonesia memang sedang ramai dibicarakan, khususnya di level U-16. Salah satu yang disorot adalah anak dari Anggota Exco PSSI, Eko Setyawan yang bernama Fardan Ary Setyawan.

Fardan sempat mengikuti training camp (TC) Timnas Indonesia U-16 di bawah asuhan Nova Arianto. Namun, pada akhirnya sang pemain tidak masuk dalam daftar pemain untuk Piala AFF U-16 2024.

“Saya menambahkan perhatian dengan pemilihan pemain timnas yang selama ini teman-teman banyak mempertanyakan, ada suara-suara sumbang, titipan dan lain sebagainya,” kata Sumardi di Jakarta, Kamis (20/6/24).

Baca Juga: Trivia Spanyol vs Italia di Euro 2024, Deretan Fakta Menarik Partai Klasik La Roja vs Gli Azzurri

Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji saat ditemui di Lapangan A Senayan, Jakarta, Kamis (10/8/2023). [Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha]Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji. [Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha]

“Perlu saya sampaikan kepada teman-teman semua berkaitan dengan pemilihan pemain yang akan dipakai untuk memperkuat timnas itu sudah melalui proses yang cukup panjang dan itu mendasari penilaian dari tim yang sudah ada baik itu head coach dan para asistennya."

“Sehingga apapun yang diputuskan oleh tim kepelatihan itu adalah proses yang betul-betul alami dan tidak ada unsur titip-titip ini. Saya jamin seribu persen tidak ada. Bahkan kalau berkaitan dengan itu, itu pun saya juga menggunakan metode yang lain,” beber Sumardji.

Sumardji mengatakan dirinya mengecek pemain lebih teliti untuk memastikan asal usul para pemain yang membela Timnas Indonesia. Terutama di tim nasional U-16.

“Contoh kayak U-16 yang sudah dirilis kemarin. Dari 23 pemain, itu masing-masing itu pun saya cek. Ini dari SSB mana? lantas apakah ini ada kaitannya?,” ungkap Sumardji.

“Sebelum hal itu terjadi, maka di samping performa, kualitas dari para pemain yang dipilih itu adalah sesuai dengan kebutuhan pada masing-masing posisi, saya pun juga mencari cara agar supaya betul-betul ini fair."

Baca Juga: Ernando Ari Ungkap Hasrat Abroad dan Negara yang Dituju, Ambisius tapi Masih Realistis

“Saya kira itu berikut juga itu, yang U-20 sama yang diikuti Indra Sjafri. Metodenya pun juga sama. Jadi teman-teman harus percaya. Sehingga apa yang kita lakukan itu betul-betul ingin memperbaiki dan ingin mencari bibit-bibit yang memang betul-betul sesuai yang kita harapkan. Kalau tidak sesuai, ya harus dicoret,” ia menambahkan.

Lebih lanjut, petinggi Bhayangkara FC itu mengaku kupingnya panas karena PSSI era Erick Thohir masih dikaitkan dengan isu titip-titip pemain.

"Saya jujur saja merasa panas telinga saya kalau selama ini masih dikait-kaitkan. Ini PSSI masa kini jangan diulang-ulang lagi seperti dulu-dulu sudah tidak ada lagi seperti itu," ujarnya.

"Pak Ketua Umum komitmennya keras dan selalu menyampaikan kepada saya, Pak Sumardji jangan sampai ada titip-titipan. Saya jamin seribu persen tidak ada," pungkasnya.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #bikin #kuping #pssi #panas #sumardji #jamin #timnas #indonesia #bersih #dari #pemain #titipan

KOMENTAR