Pemain Keturunan Rp695 Miliar Diambang Hilang Syarat Bela Timnas Indonesia
Bek Timnas Belanda keturunan Jawa, Ian Maatsen. [Dok. AFP]
12:12
15 Juni 2024

Pemain Keturunan Rp695 Miliar Diambang Hilang Syarat Bela Timnas Indonesia

Bek sayap keturunan dengan harga pasar Rp695 miliar, Ian Maatsen diambang kehilangan syarat untuk memperkuat Timnas Indonesia. Hal itu setelah dirinya berpeluang memainkan pertandingan resminya untuk Timnas Belanda di Euro 2024.

Maatsen, yang saat ini bermain untuk Borussia Dortmund, memiliki darah Indonesia dari sang ibu. Ia sempat masuk dalam daftar pemain Timnas Belanda U-21, namun belum pernah bermain di level senior.

Maatsen sebelumnya dicoret dari skuad Timnas Belanda untuk Euro 2024, tetapi kembali dipanggil setelah gelandang Frenkie De Jong mengalami cedera.

Kembalinya Maatsen ke skuad Belanda asuhan Ronald Koeman jadi berkah tersendiri bagi pemain berusia 22 tahun tersebut.

Baca Juga: Bek Jerman Antonio Rudiger Jadi Top Skor Sepanjang Masa Skotlandia di Euro, Kok Bisa?

Namun, di sisi lain, keberadaan Maatsen di skuad Belanda untuk Euro 2024 merupakan kabar buruk bagi Timnas Indonesia.

Pemain keturunan Indonesia, Ian Maatsen yang bakal mentas di final Liga Champions. (Instagram/@maatsen_)Pemain keturunan Indonesia, Ian Maatsen yang bakal mentas di final Liga Champions. (Instagram/@maatsen_)

Andai menjalani debut bersama Oranje di Euro 2024, Maatsen akan menutup peluang untuk membela Timnas Indonesia di masa mendatang.

Aturan FIFA tentang pergantian tim nasional mensyaratkan pemain untuk setidaknya cuma bermain tuga kali di turnamen resmi level "A" seperti Euro sebelum usia 21 tahun.

Maatsen saat ini sudah berusia 22 tahun. Jika ia bermain di Euro 2024, maka ia tidak akan bisa lagi berpindah federasi dan membela Timnas Indonesia.

Menyitat laman resmi UEFA, Ian Maatsen didaftarkan sebagai gelandang di skuad Belanda untuk Euro 2024.

Baca Juga: Dibantai Jerman 1-5, Pelatih Skotlandia Akui Timnya Main Dibawah Standar

Artinya, dia akan bersaing dengan nama-nama tenar Tijjani Reijnders, Georginio Wijnaldum hingga Ryan Gravenberch.

Meskipun Maatsen didaftarkan sebagai gelandang di skuad Belanda untuk Euro 2024, bukan berarti peluangnya untuk bermain di posisi bek kiri tertutup.

Ia berpotensi bersaing dengan nama-nama seperti Daley Blind, Nathan Ake, dan Mickey van de Ven untuk memperebutkan satu tempat di lini belakang.

Belanda akan memulai perjalanannya di Euro 2024 dengan menghadapi Polandia pada matchday pertama Grup D. Pertandingan akan berlangsung pada Minggu (16/6/2024) pukul 20.00 WIB di Volksparkstadion.

Andai dimainkan Ronald Koeman, Maatsen bakal dipastikan tak lagi memenuhi syarat memperkuat Timnas Indonesia.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #pemain #keturunan #rp695 #miliar #diambang #hilang #syarat #bela #timnas #indonesia

KOMENTAR