Prediksi Spanyol vs Kroasia, Euro 2024 Malam Ini: Head to Head, Susunan Pemain dan Live Streaming
Ilustrasi pertandingan Grup B Euro 2024 antara Spanyol vs Kroasia. [Suara.com]
09:18
15 Juni 2024

Prediksi Spanyol vs Kroasia, Euro 2024 Malam Ini: Head to Head, Susunan Pemain dan Live Streaming

Big match antara Spanyol vs Kroasia akan mengawali pertandingan di Grup B Euro 2024. Pertandingan tersebut akan digelar di Stadion Olimpiade Berlin, Sabtu (15/6/2024) pukul 23.00 WIB.

Laga perdana Grup B tersebut diprediksi bakal berlangsung sengit mengingat Spanyol dan Kroasia yang pastinya sama-sama membidik kemenangan.

Gelandang Spanyol Pedri merayakan bersama rekan satu timnya setelah mencetak gol pertama timnya selama pertandingan sepak bola persahabatan internasional antara Spanyol dan Irlandia Utara di stadion Son Moix di Palma de Mallorca pada 8 Juni 2024.JAIME REINA / AFPGelandang Spanyol Pedri merayakan bersama rekan satu timnya setelah mencetak gol pertama timnya selama pertandingan sepak bola persahabatan internasional antara Spanyol dan Irlandia Utara di stadion Son Moix di Palma de Mallorca pada 8 Juni 2024.JAIME REINA / AFP

Sebagaimana diketahui, selain Spanyol dan Kroasia, Grup B juga dihuni Italia dan Albania. Dari empat tim tersebut, Albania dianggap sebagai lawan terlemah.

Tiga poin di laga ini tentunya akan sangat berarti. Bagi Spanyol, jika kemenangan berhasil diraih, mereka akan lebih percaya diri untuk menghadapi Italia di matchday kedua pekan depan.

Baca Juga: Justin Hubner Ajak Fans Indonesia Dukung Belanda di Euro 2024

Sementara untuk Kroasia, kemenangan di laga perdana akan memuluskan langkah mereka menuju babak 16 besar karena di pertandingan kedua mereka berpeluang besar mencuri tiga poin dari Albania.

Berdasarkan catatan lima pertemuan terakhir kedua tim, kekuatan kedua tim cukup imbang dengan sama-sama menorehkan dua kemenangan.

Pertemuan terakhir kedua tim di final UEFA Nations League pada 19 Juni tahun lalu pun seakan menegaskan hal itu di mana keduanya bermain sama kuat tanpa gol. Namun Spanyol pada akhirnya keluar sebagai pemenang lewat drama adu penalti.

Laga Sabtu malam juga merupakan duel ulangan babak 16 besar Euro 2020 di mana pertarungan sengit terjadi antarkeduanya. Ketika itu, Spanyol dan Kroasia bermain sama kuat 3-3 di waktu normal, namun di extra time La Roja sukses menambah dua gol yang memaksa Vatreni menyerah.

Jelang pertandingan tersebut, Spanyol juga tengah onfire. Tim besutan Luis de la Fuente menghabisi dua lawan di laga uji coba. Andorra mereka libas lima gol tanpa balas, kemudian giliran Irlandia Utara yang dibantai dengan skor 5-1.

Baca Juga: 5 Kandidat Peraih Sepatu Emas Euro 2024, Ronaldo Bukan Lagi Nomor Satu

"Saya benar-benar mengagumi mentalitas pemain Kroasia karena mereka adalah contoh kebanggaan nasional, rasa persatuan, kebanggaan terhadap tim nasional, dan saya bangga ketika kami merasakan hal yang sama," kata De la Fuente dalam jumpa pers pralaga seperti dikutip laman resmi UEFA, Jumat (14/6/2024).

"Para pemain Kroasia, selain memiliki rasa kebangsaan dan kekuatan, juga memiliki bakat khusus dalam bidang olahraga dan olahraga tim. Penampilan mereka sebagai tim dalam beberapa tahun terakhir sungguh luar biasa," sambungnya.

"Ketika Anda menyatukan bakat dan kebanggaan nasional, itu akan membuat tim mana pun menjadi sangat berbahaya dan sangat kuat. Itulah yang saya coba tanamkan ke dalam tim nasional kami. Kami sangat bertalenta – kami memiliki pemain-pemain yang luar biasa."

"Kami perlu memahami apa artinya menjadi orang Spanyol dan berkata: 'Kami mewakili sebuah negara!' Kebanggaan yang Anda rasakan mewakili seluruh negara yang mendukung Anda. Itu memberi Anda banyak kekuatan."

Seperti halnya Spanyol, Kroasia juga berhasil memetik kemenangan di dua laga terakhir yang mereka lakoni jelang Euro. Makedonia Utara mereka babak 3-0, dan setelah itu Luka Modric cs mengalahkan Portugal dengan skor tipis 2-1.

"Dalam enam tahun terakhir ini, Timnas Kroasia bisa dikatakan tidak hanya berkembang tapi juga sukses. Meraih tiga medali... tidak ada yang menyangka kami bisa melakukannya, bahkan saya ketika pertama kali menerima pekerjaan ini (pelatih)," kata Zlatko Dalic.

"Saya bangga dan sangat termotivasi. Saya harap Kroasia akan kembali meraih sukses di Euro kali ini," sambungnya.

Jadwal Grup B Euro 2024. [Suara.com]Jadwal Grup B Euro 2024. [Suara.com]

Prediksi Susunan Pemain:

Spanyol (4-3-3): Unai Simon; Dani Carvajal, Le Normand, Laporte, Alex Grimaldo; Pedri, Rodri, Fabian Ruiz; Lamine Yamal, Alvaro Morata, Nico Williams.

Pelatih: Luis de la Fuente.

Kroasia (4-3-3): Livakovic; Stanisic, Sutalo, Pongracic, Gvardiol; Modric, Brozovic, Kovacic; Majer, Budimir, Kramaric.

Pelatih: Zlatko Dalic.

Head to Head

Lima Pertemuan Terakhir Spanyol vs Kroasia

19/06/23 Kroasia 0-0 Spanyol (UNL)
28/06/21 Kroasia 3-5 Spanyol (Euro)
16/11/18 Kroasia 3-2 Spanyol (UNL)
12/09/18 Spanyol 6-0 Kroasia (UNL)
22/06/16 Kroasia 2-1 Spanyol (Euro)

Lima Pertandingan Terakhir Spanyol

20/11/23 Spanyol 3-1 Georgia (Kualifikasi Euro)
23/03/24 Spanyol 0-1 Kolombia (Friendly)
27/03/24 Spanyol 3-3 Brasil (Friendly)
06/06/24 Spanyol 5-0 Andorra (Friendly)
09/06/24 Spanyol 5-1 Irlandia Utara (Friendly).

Lima Pertandingan Terakhir Kroasia

22/11/23 Kroasia 1-0 Armenia (Kualifikasi Euro)
24/03/24 Tunisia 0-0 Kroasia (Friendly)
27/03/24 Mesir 2-4 Kroasia (Friendly)
04/06/24 Kroasia 3-0 Makedonia Utara (Friendly)
08/06/24 Portugal 1-2 Kroasia (Friendly)

Prediksi Skor Akhir Pertandingan: Spanyol 1-1 Kroasia.

Link Live Streaming Klik di Sini.

Editor: Syaiful Rachman

Tag:  #prediksi #spanyol #kroasia #euro #2024 #malam #head #head #susunan #pemain #live #streaming

KOMENTAR