Menghitung Hari Timnas Indonesia Kehilangan Bek Sayap Berbakat Rp695 Miliar
Bek Burnley Ian Maatsen melakukan pemanasan menjelang kick-off dalam pertandingan sepak bola perempat final Piala FA Inggris antara Manchester City dan Burnley di Stadion Etihad di Manchester, Inggris, pada 18 Maret 2023. Oli SCARFF/AFP
16:24
14 Juni 2024

Menghitung Hari Timnas Indonesia Kehilangan Bek Sayap Berbakat Rp695 Miliar

Timnas Indonesia tinggal menghitung hari sebelum benar-benar kehilangan peluang untuk diperkuat bek Borussia Dortmund dengan harga pasar Rp695 miliar yakni Ian Maatsen.

Ya, Maatsen merupakan pemain Belanda keturunan Indonesia. Dia memiliki darah Indonesia dari pihak ibunya yang memiliki darah Jawa-Suriname.

Pemain berusia 22 tahun itu sejauh ini masih memenuhi syarat untuk membela Timnas Indonesia andai mau menjalani proses naturalisasi demi mendapat status WNI.

Harapan Timnas Indonesia untuk menggaet Maatsen kini hampir tertutup setelah pelatih Belanda Ronald Koeman mendadak memanggilnya untuk Euro 2024.

Baca Juga: Update Ranking FIFA: Timnas Indonesia Tak Jadi Naik Peringkat

Maatsen, yang sempat berseragam klub Liga Inggris, Chelsea itu, merupakan satu dari tiga pemain yang dicoret Ronald Koeman dari skuad Belanda untuk Euro 2024.

Namun, namanya kembali dipanggil menyusul cederanya gelandang FC Barcelona, Frenkie De Jong. Situasi itu membuat Maatsen langsung berangkat ke Jerman dari Yunani, tempat dirinya berlibur bersama keluarga.

Pemain keturunan Indonesia, Ian Maatsen yang bakal mentas di final Liga Champions. (Instagram/@maatsen_)Pemain keturunan Indonesia, Ian Maatsen yang bakal mentas di final Liga Champions. (Instagram/@maatsen_)

Dipanggilnya Ian Maatsen ke Euro 2024 membuat peluang Timnas Indonesia menjadikannya rekrutan anyar hampir tertutup.

Andai diturunkan sekali saja oleh Ronald Koeman di Euro 2024, Maatsen tak akan lagi memenuhi syarat untuk pindah asosiasi dan tim nasional.

Pasalnya, dalam aturan kelayakan pergantian tim nasional FIFA, pemain hanya memenuhi syarat untuk berganti tim nasional andai sudah memegang paspor negara baru saat pertandingan resmi perdana bersama negara pertamanya.

Baca Juga: Pelatih Malaysia Akhirnya Akui Timnas Indonesia Calon Raja ASEAN

Selain itu, pemain tidak lebih dari tiga pertandingan senior kompetitif sebelum usia 21 tahun. Seorang pemain juga belum pernah bermain di babak final turnamen resmi level 'A' seperti Piala Dunia, Euro, Copa America dan turnamen kontinental lain.

Terakhir, pemain harus sudah tak bermain dalam kurun waktu tiga tahun terakhir sejak dia penampilan senior terakhir bersama tim nasional sebelumnya.

Merujuk itu, Ian Maatsen tak lagi memenuhi syarat berganti tim nasional andai tampil di Euro 2024. Euro 2024 masuk dalam turnamen level 'A'. Usia Maatsen saat ini pun sudah di atas 21 tahun.

Menyitat laman resmi UEFA, Ian Maatsen ditempatkan sebagai seorang gelandang di skuad Belanda untuk Euro 2024.

Artinya, dia akan bersaing dengan nama-nama seperti Tijjani Reijnders, Georginio Wijnaldum hingga Ryan Gravenberch untuk satu spot di lini tengah.

Meski terlihat sulit, Maatsen bisa saja tetap diturunkan Koeman sebagai bek kiri yang merupakan posisi aslinya. Dia akan bersaing dengan nama-nama seperti Daley Blind, Nathan Ake hingga Mickey van de Ven.

Belanda akan memainkan laga perdananya di Euro 2024 dengan menghadapi Polandia dalam matchday pertama Grup D. Pertandingan akan berlangsung dua hari lagi, pada Minggu (16/6/2024) pukul 20.00 WIB di Volksparkstadion.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #menghitung #hari #timnas #indonesia #kehilangan #sayap #berbakat #rp695 #miliar

KOMENTAR