Berakhirnya Kutukan Pelatih Asing Persib Bandung di Era Bojan Hodak
Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak berpose bersama trofi juara Liga 1 2023/2024. [dok. Persib]
06:18
7 Juni 2024

Berakhirnya Kutukan Pelatih Asing Persib Bandung di Era Bojan Hodak

Prestasi berhasil ditorehkan Bojan Hodak bersama Persib Bandung di BRI Liga 1 musim 2023/24. Pelatih asal Kroasia itu sukses membawa timnya menjuarai Championship Series.

Gelar juara tersebut diraih Bojan Hodak bersama Persib Bandung usai mengalahkan Madura United di partai final Championship Series BRI Liga 1 dengan agregat 6-1.

Keberhasilan mengantar Persib ke tangga juara tak hanya tercatat sebagai prestasi gemilang di sepak bola Indonesia, akan tetapi Hodak berhasil mengakhiri kutukan di Maung Bandung.

Dirut PT LIB Ferry Paulus (kedua kanan) menyerahkan penghargaan pelatih terbaik BRI-Liga 1 2023/2024 kepada pelatih Persib Bandung Bojan Hodak (kanan) disaksikan Anggota Exco PSSI Rudi Yulianto (kiri) dan Muhammad (kedua kiri) di Stadion Gelora Bangkalan, Bangkalan, Jawa Timur, Jumat (31/5/2024). ANTARA FOTO/Rizal Hanafi/tom. Dirut PT LIB Ferry Paulus (kedua kanan) menyerahkan penghargaan pelatih terbaik BRI-Liga 1 2023/2024 kepada pelatih Persib Bandung Bojan Hodak (kanan) disaksikan Anggota Exco PSSI Rudi Yulianto (kiri) dan Muhammad (kedua kiri) di Stadion Gelora Bangkalan, Bangkalan, Jawa Timur, Jumat (31/5/2024). ANTARA FOTO/Rizal Hanafi/tom.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya Persib belum pernah meraih gelar di bawah komando pelatih asing. Bojan pun menjadi pelatih asing pertama yang berhasil mempersembahkan gelar juara Liga bagi Maung Bandung.

Baca Juga: Lepas Widodo Cahyono Putro, Arema FC Dipastikan Gunakan Jasa Pelatih Asing Musim Depan

Sebelumnya Persib juara di tangan pelatih lokal yaitu Indra Thohir (1995) dan Djadjang Nurdjaman (2014).

“Hal bagus, saya tidak banyak berkomentar tapi selalu bagus saat meraih sesuatu serba pertama dalam sebuah tim. Seperti sebelumnya saya pelatih pertama yang bisa membawa Persib menang melawan Bali United dan pelatih asing pertama yang bisa juara,” kata Hodak dikutip laman Liga Indonesia Baru, Kamis (6/6/2024).

Maung Bandung disebut-sebut layak menjadi juara. Setelah finis posisi dua klasemen Regular Series, David da Silva cs bisa memanfaatkan babak Championship Series (empat besar) dengan performa maksimal. Dari empat pertandingan, Hodak mempersembahkan tiga kemenangan dan sekali imbang.

Atas torehan di sepanjang musim itu, Bojan pun didaulat sebagai pelatih terbaik di BRI Liga 1 2023/24 dan berhak atas hadiah uang sebesar Rp150 juta.

“Tidak mudah, tapi saya rasa kami layak juara, dalam empat pertandingan terakhir, kami menang tiga kali, jadi saya pikir kami pantas. Kami adalah yang terbaik dari empat tim yang lolos ke semi final,” pungkasnya.

Baca Juga: Persebaya Surabaya Resmi Akhiri Kontrak 4 Pemain Asing

Editor: Syaiful Rachman

Tag:  #berakhirnya #kutukan #pelatih #asing #persib #bandung #bojan #hodak

KOMENTAR