Buntut Konflik Elkan Baggott dan Shin Tae-yong, Bek Lokal Ketiban Berkah
Konflik Elkan Baggott dan Shin Tae-yong berbuntut sang pemain tak dipanggil ke Timnas Indonesia. [Instagram/@PSSI]
14:42
4 Juni 2024

Buntut Konflik Elkan Baggott dan Shin Tae-yong, Bek Lokal Ketiban Berkah

Elkan Baggott tidak masuk dalam skuad timnas Indonesia untuk melawan Irak dan Filipina. Meski demikian, pelatih Shin Tae-yong punya banyak opsi di pos bek tengah.

Tak mau berlarut-larut, Shin Tae-yong tetap tancam gas dengan pemain yang ada untuk dua laga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 6 dan 11 Juni mendatang.

Bahkan, absennya Elkan Baggott yang diduga karena tak merespons panggilan Timnas Indonesia U-23 untuk play-off Olimpiade 2024 April lalu, justru membuka opsi-opsi baru untuk Shin Tae-yong.

Salah satu pemain yang kini jadi mendapatkan tempat di tim adalah bek muda Persija Jakarta, Muhammad Ferarri.

Baca Juga: Bukan Cuma Ban Serep, Bikin Ngeri Sepak Terjang Jay Idzen Bawa Venezia ke Serie A Liga Italia

Bek Lokal Dapat Berkah

Bek Indonesia Muhammad Ferarri dijaga oleh gelandang Uzbekistan Umarali Rakhmonaliev saat pertandingan semifinal Piala Asia U23 2024 antara Indonesia melawan Uzbekistan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin (29/4/2024). [Karim JAAFAR / AFP]Bek Indonesia Muhammad Ferarri dijaga oleh gelandang Uzbekistan Umarali Rakhmonaliev saat pertandingan semifinal Piala Asia U23 2024 antara Indonesia melawan Uzbekistan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin (29/4/2024). [Karim JAAFAR / AFP]

Absennya Elkan Baggott menjadi berkah bagi pemain lokal. Shin Tae-yong kini bisa memainkan duet bek Persija Jakarta, Muhammad Ferarri dan Rizky Ridho, untuk pertama kalinya di Kualifikasi Piala Dunia.

Ferarri belum pernah debut di kualifikasi, hanya menjadi cadangan saat lawan Vietnam pada 26 Maret 2024. Sementara Rizky Ridho selalu menjadi starter dalam enam laga kualifikasi.

Dengan Jay Idzes masih absen, opsi bek tengah lainnya adalah Jordi Amat dan Justin Hubner.

Idzes baru saja menyelesaikan pertandingan promosi ke Serie A bersama Venezia FC.

Baca Juga: Tersisih dari Timnas Indonesia, Elkan Baggott Tetap Latihan Mandiri di New York

Indonesia akan menjamu Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Kamis (6/6/2024).

Lima hari kemudian, mereka menghadapi Filipina di tempat yang sama. Indonesia hanya perlu tiga poin untuk memastikan tiket ke putaran ketiga tanpa tergantung hasil lain.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #buntut #konflik #elkan #baggott #shin #yong #lokal #ketiban #berkah

KOMENTAR