5 Fakta Menarik Jelang Final Liga Europa, Atalanta vs Bayer Leverkusen
Pelatih Atalanta asal Italia Gian Piero Gasperini dan para pemain Atalanta terlihat sedih di penghujung Final Piala Italia antara Atalanta dan Juventus di stadion Olimpiade Roma pada 15 Mei 2024. Filippo MONTEFORTE / AFP
18:30
22 Mei 2024

5 Fakta Menarik Jelang Final Liga Europa, Atalanta vs Bayer Leverkusen

Sejumlah fakta menarik tersaji jelang final Liga Europa yang mempertemukan wakil Italia, Atalanta, dengan wakil Jerman, Bayer Leverkusen.

Final Liga Europa antara Atalanta vs Bayer Leverkusen akan digelar di Aviva Stadium, Dublin, Irlandia, Kamis (23/5/2024) dini hari WIB.

Pelatih Xabi Alonso bersama pemain Bayer Leverkusen. (ANTARA/AFP/Ina Fassbender/am)Pelatih Xabi Alonso bersama pemain Bayer Leverkusen. (ANTARA/AFP/Ina Fassbender/am)

Pertandingan tersebut akan menjadi pertemuan pertama bagi kedua pelatih, Gian Piero Gasperini dan Xabi Alonso. Hal itu merupakan salah satu fakta yang tersaji jelang partai puncak kompetisi kasta kedua Eropa itu.

Berikut lima fakta jelang duel Atalanta vs Bayer Leverkusen dini hari nanti.

Baca Juga:Final Liga Europa: Rekor Unbeaten 51 Pertandingan Bayer Leverkusen Tak Buat Atalanta Ciut

1. Ini akan menjadi final pertama Atalanta di kompetisi Eropa. La Dea juga tercatat sebagai tim ke-11 Italia yang tampil di partai puncak kompetisi benua biru.

2. Atalanta menjadi klub Italia pertama yang tampil di final Liga Europa sejak 1998. Ketika itu, Lazio tampil di final saat kompetisi masih bernama UEFA Cup.

3. Ini menjadi pertemuan kedelapan antara wakil Jerman vs Italia di kompetisi Eropa. Terakhir, wakil Jerman dan Italia berhadapan di final Liga Champions pada 2010, ketika Bayern Munich dikalahkan Inter Milan 2-0.

4. Di Liga Europa musim ini Bayern Leverkusen tidak terkalahkan di 12 pertandingan. Mereka membukukan sembilan kemenangan dan tiga hasil imbang.

5. Jika berhasil mengalahkan Atalanta di final, Leverkusen akan menjadi klub keempat yang memenangi Liga Europa tanpa tersentuh kekalahan. Sebelumnya sudah ada tiga klub yang membawa pulang trofi Liga Europa tanpa terkalahkan, yaitu Chelsea (2018/19), Villarreal (2020/21) dan Eintracht Frankfurt (2021/22).

Baca Juga:Atalanta vs Bayer Leverkusen, Xabi Alonso Pastikan Skuatnya Sudah Siap Tempur di Final Liga Europa

Editor: Syaiful Rachman

Tag:  #fakta #menarik #jelang #final #liga #europa #atalanta #bayer #leverkusen

KOMENTAR