Belum Pernah Juara Piala AFF, Apa Target Timnas Indonesia di ASEAN Cup 2024?
Timnas Indonesia Saat Berlaga di AFF Cup 2022 Kontra Filipina. (pssi.org)
10:12
22 Mei 2024

Belum Pernah Juara Piala AFF, Apa Target Timnas Indonesia di ASEAN Cup 2024?

Timnas Indonesia masuk Grup B pada ASEAN Cup 2024 (Piala AFF 2024). Mereka akan saling sikut dengan Vietnam, Filipina, Myanmar, dan Laos. Lantas, apa target PSSI di kejuaraan ini?

Timnas Indonesia sejauh ini belum pernah menjadi kampiun di kejuaraan dua tahunan tersebut. Padahal, sudah enam kali skuad Garuda mampu melaju ke partai final.

Melihat komposisi pemain yang berada di skuad Garuda saat ini, ASEAN Cup 2024 disebut-sebut jadi edisi yang ideal untuk dimenangkan Timnas Indonesia.

Meski Timnas Indonesia dinilai tengah memiliki generasi emas, Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji belum berani mengungkap target tim di ajang tersebut.

Dia menyebut bakal berkoordinasi lebih dulu dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, sebelum menyampaikan target Timnas Indonesia di ASEAN Cup 2024.

"Kami belum membahas target soalnya baru saja drawing. Tapi nanti Pak Ketua Umum pasti akan menyampaikan targetnya," kata Sumardji kepada awak media.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dan Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, menyaksikan langsung laga Timnas Indonesia U-23 vs Yordania U-23 dalam matchday ketiga atau terakhir Grup A Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Minggu (21/4/2024) malam WIB. [PSSI]Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dan Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, menyaksikan langsung laga Timnas Indonesia U-23 vs Yordania U-23 dalam matchday ketiga atau terakhir Grup A Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Minggu (21/4/2024) malam WIB. [PSSI]

ASEAN Cup sejatinya punya gengsi tersendiri bagi Timnas Indonesia. Ini sebagai penentuan siapa yang terbaik di Asia Tenggara.

Masalahnya adalah kejuaraan ini berlangsung di luar kalender FIFA. Setiap tim termasuk Timnas Indonesia akan kesulitan memanggil pemain terutama yang merumput di luar negeri.

Jika melihat kekuatan Timnas Indonesia saat ini, kans menjadi juara cukup besar. Apalagi, dalam beberapa pertemuan kontra Vietnam yang kerap menjadi pesaing terkuat, tim Merah Putih mampu meraih hasil positif.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #belum #pernah #juara #piala #target #timnas #indonesia #asean #2024

KOMENTAR