3 Klub Milik Orang Indonesia yang Berhasil Promosi, Terbaru Tim Erick Thohir
Para pemain Oxford United merayakan gol Josh Murphy ke gawang Bolton Wanderers dalam pertandingan final play-off League One 2023-2024 yang berlangsung di Stadion Wembley, Sabtu malam. Oxford menang 2-0 dan promosi ke Divisi Championship Inggris. [Oxford United]
19:12
19 Mei 2024

3 Klub Milik Orang Indonesia yang Berhasil Promosi, Terbaru Tim Erick Thohir

Melihat tiga klub milik orang Indonesia di Eropa yang berhasil promosi di akhir musim 2023/2024 ini, yang mana salah satunya adalah klub milik Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir.

Sebagaimana diketahui, banyak pengusaha Indonesia yang melebarkan sayapnya dengan mengakuisisi klub-klub di Eropa.

Biasanya, para pengusaha Indonesia itu mengakuisisi klub-klub Eropa yang kesulitan finansial dan banyak berkutat di kasta terbawah.

Meski mengakuisisi tim-tim kasta terbawah, para pengusaha Indonesia bisa menyulap klub yang diakuisisinya menjadi salah satu tim berprestasi.

Prestasi itu bisa dilihat dari menanjaknya performa tim dan berujung pada peningkatan posisi klub, termasuk promosi ke kasta yang lebih tinggi.

Nah, di musim 2023/2024 ini beberapa pengusaha Indonesia berhasil membawa klub-klub Eropa yang dimilikinya promosi ke kasta teratas.

Tak tanggung-tanggung, ada tiga klub Eropa yang berhasil promosi ke kasta teratas di masing-masing negaranya berkat tangan dingin para pengusaha Indonesia itu.

Lantas, klub apa saja yang berhasil dibawa promosi oleh para pengusaha Indonesia tersebut? Berikut daftarnya.

1. Como 1907

Klub milik orang Indonesia Como 1907 promosi ke Serie A musim depan usai finis di peringkat kedua klasemen Serie B dengan 73 poin. (Screenshot X/@Como_1907)Klub milik orang Indonesia Como 1907 promosi ke Serie A musim depan usai finis di peringkat kedua klasemen Serie B dengan 73 poin. (Screenshot X/@Como_1907)

Como 1907 yang dimiliki oleh pengusaha Indonesia, Grup Djarum atau Hartono Bersaudara, berhasil memastikan diri promosi ke kasta teratas Italia, Serie A, pada musim 2023/2024 ini.

Klub berjuluk I Lariani ini berhasil kembali ke Serie A sejak 2003 silam. Keberhasilan ini tak lepas dari apiknya manajemen Hartono Bersaudara selaku pemilik saham mayoritas.

Hartono Bersaudara mengakuisisi Como 1907 yang bermain di Serie D atau kasta keempat pada tahun 2019 lalu setelah sempat dinyatakan bangkrut pada 2016.

2. FC Dender

Bergeser ke Belgia, ada klub FC Dender yang dimiliki oleh pengusaha asal Indonesia, yakni Sihar Sitorus. Klub ini baru saja memastikan diri promosi ke kasta teratas Liga Belgia (Jupiler Pro League).

FC Dender berhasil promosi setelah menjadi Runner Up kasta kedua Liga Belgia (Challenger Pro League) atau sama dengan Como 1907 di Italia.

Sihar Sitorus sendiri mengakuisisi FC Dender pada 2018 lalu saat masih bermain di kasta ketiga. Usai mengakuisisi klub tersebut, ia menunjuk eks petinggi Liga Primer Indonesia (LPI), Belinda Siahaan, sebagai CEO.

3. Oxford United

Oxford United promosi ke Divisi Championship Liga Inggris. [Oxford United]Oxford United promosi ke Divisi Championship Liga Inggris. [Oxford United]

Klub ketiga yang dimiliki pengusaha Indonesia dan berhasil promosi adalah Oxford United. Klub berjuluk The Us ini berhasil promosi ke kasta kedua Liga Inggris atau Divisi Championship.

Oxford United sendiri dimiliki oleh dua pengusaha Indonesia, yakni Anindya Bakrie dan Erick Thohir. Keduanya berstatus pemegang saham mayoritas klub tersebut.

Anindya Bakrie dan Erick Thohir menjadi bagian Oxford United pada 2018 lalu. Kemudian pada tahun 2022, keduanya menjadi pemegang saham mayoritas setelah membeli 51 persen saham klub.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #klub #milik #orang #indonesia #yang #berhasil #promosi #terbaru #erick #thohir

KOMENTAR