Jadwal Terlalu Mepet, Jay Idzes Absen Bela Timnas Indonesia Lawan Irak?
Selebrasi Jay Idzes saat membela Timnas Indonesia di laga melawan Vietnam, 24 Maret 2024 (pssi.org)
19:54
12 Mei 2024

Jadwal Terlalu Mepet, Jay Idzes Absen Bela Timnas Indonesia Lawan Irak?

Bek Venezia, Jay Idzes, berpotensi absen pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia saat menghadapi Irak pada awal Juni 2024 mendatang.

Jay Idzes berpotensi absen karena saat ini timnya tengah mencari tiket promosi ke kasta teratas Liga Italia atau Serie A lewat jalur Playoff.

Venezia harus menerima kenyataan berebut satu tiket promosi dengan lima klub lainnya usai finis di peringkat ketiga Serie B 2023/2024.

Sejatinya, klub berjuluk Il Lagunari itu bisa saja merebut tiket promosi otomatis di partai pamungkas Serie B 2023/2024 kontra Spezia, Sabtu (11/5) kemarin.

Di laga tersebut, Jay Idzes berhasil mencetak satu gol lewat tandukannya. Nahas di akhir laga Venezia harus takluk dengan skor 1-2 dari tuan rumah Spezia.

Kekalahan ini membuat Venezia harus melakoni laga Playoff dan bersaing dengan lima klub lainnya untuk merebut satu tiket tersisa ke Serie A musim depan.

Di babak Playoff ini, Venezia dan Jay Idzes akan bersaing dari babak semifinal dan menunggu pemenang antara Palermo vs Sampdoria.

Jika berhasil menang agregat dalam dua leg atas Palermo/Sampdoria, Venezia akan lolos ke final dan bertemu pemenang antara Catanzaro/Brescia vs Cremonese.

Andai lolos ke final nanti, Venezia pun akan melakoni pertandingan dua leg lagi dengan format kandang dan tandang sebelum akhirnya merebut tiket promosi.

Bila dikalkulasikan, Venezia akan bertanding sebanyak empat kali untuk mendapat tiket promosi di babak Playoff Serie B 2023/2024 ini.

Banyaknya pertandingan yang dilakoni Jay Idzes bersama Venezia pada Playoff Serie B 2023/2024 ini pun menjadi kabar buruk bagi Timnas Indonesia.

Pasalnya, babak Playoff Serie B ini akan dimulai pada 20 Mei 2024 dan baru akan berakhir pada 2 Juni 2024 mendatang.

Melihat tanggal berakhirnya Playoff Serie B pada 2 Juni 2024, ada kemungkinan Jay Idzes berpotensi absen saat Timnas Indonesia melakoni Kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Irak pada 6 Juni 2024.

Absennya Jay Idzes dikarenakan waktu yang mepet dan kondisi fisik pemain pasca bertanding. Belum lagi dengan perjalanan panjang yang harus ditempuhnya dari Italia ke Indonesia.

Bakal absennya bek berusia 23 tahun itu akan menjadi lubang bagi pertahanan Timnas Indonesia. Pasalnya, Jay Idzes tampil apik di dua pertandingan terakhir skuad Garuda.

Di dua pertandingan terakhir Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Vietnam, Jay Idzes berhasil mencetak satu gol dan membuat Timnas Indonesia mencetak Clean Sheet.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #jadwal #terlalu #mepet #idzes #absen #bela #timnas #indonesia #lawan #irak

KOMENTAR