Kejutan! Aditya Bagus Arfan Juara Kategori Grand Master
IM Aditya Bagus Arfan meraih gelar juara kategori Grand Master Kejuaraan Catur Internasional Pertamina Indonesian Tournament 2024. (Istimewa)
22:45
1 Mei 2024

Kejutan! Aditya Bagus Arfan Juara Kategori Grand Master

–Aura kebahagiaan terpancar dari raut wajah IM Aditya Bagus Arfan usai meraih gelar juara kategori Grand Master Kejuaraan Catur Internasional Pertamina Indonesian Tournament 2024. Event itu berlangsung di Hotel Artotel Jakarta pada 23 April hingga 1 Mei.

Aditya juara usai mengumpulkan 8,5 poin. Dia mengungguli GM Novendra Priasmoro (2494) di posisi runner up dengan 7,5 poin dan pecatur Australia GM Temur Kuybokarov (2600) di peringkat ketiga dengan 7 poin. Gelar juara Aditya ditentukan pada babak 11 yang berhasil meraih 0,5 poin usai bermain remis dengan pecatur Mongolia IM Uurtsaikh Agibileg (2442) di langkah 61 melalui pembukaan Hindia Raja.

Selain trofi juara dan hadiah uang, Aditya mendapat Norma GM, satu dari 3 syarat Norma GM untuk meraih gelar tertinggi catur, Grand Master. Adit butuh 2 Norma GM lagi dan elo rating 2500 untuk menjadi orang ke-9 di Indonesia yang menyandang gelar Grand Master.

Aditya tak menampik kalau keberhasilannya merebut gelar juara sebagai kejutan. Sebab, di nomor itu, ada beberapa pemain senior. Sebut saja GM Susanto Megaranto yang harus puas berada di peringkat empat usai mengumpulkan 6,5 poin.

Selain itu, Aditya Bagus Arfan menilai, kunci suksesnya terjadi pada babak ketiga saat melawan Kuybokarov yang punya elo rating lebih tinggi. ”Saya waktu itu pegang hitam dan saya bertahan hingga terus melaksanakan remis,” ujar Aditya.

Dari turnamen yang diikuti delapan negara tersebut, Aditya juga memperoleh hadiah USD 4.000 atau sekitar Rp 65 juta. Runner up Novendra memperoleh USD 2.500 atau Rp 41 juta, dan Temur yang menempati posisi ketiga membawa pulang USD 1.500 atau Rp 25 juta.

Untuk kategori IM turnamen, kontingen Indonesia juga memborong gelar juara dan runner up. Juara disabet FM Arif Abdul Hafiz (2311) lalu posisi kedua diraih IM Farid Firman Syah (2392) dan posisi ketiga diisi pecatur Mongolia FM Khuyagtsogt Itgelt (2408).

Ketua Umum PB Percasi Utut Adianto senang melihat performa para pecatur Tanah Air. ”Ini pertama kali kita juara di Grandmaster Tournament dan IM Tournament. Bukan hanya juara, nomor duanya juga orang kita semua, nomor dua di GM Tournament Novendra di IM Farid Firmansyah,” sebut Utut Adianto.

Utut mengaku perolehan dua gelar ini di luar ekspektasi. ”Biasanya kita nomor 3 tapi mendapatkan GM-Norm ini juara 1 dan 2,” kata Utut Adianto, politikus PDIP Perjuangan itu.

Menurut dia, performa permainan pecatur-pecatur Indonesia sudah baik sejak dimulai babak pertama turnamen.

”Memang langkah awalnya kebetulan baik semua. Baik Novendra maupun Adit. Adit sangat baik dan satu yang juga kita lihat dari sisi kemenangan ini memang menang beneran bukan menang mujur,” ujar Utut.

Hasil Pertamina Indonesian Tournament 2024

Kategori GM:

  1. IM Aditya Bagus Arfan – 8,5 poin
  2. GM Novendra Priasmoro – 7,5 poin
  3. GM Temur Kuybokarov – 7 poin
  4. GM Susanto Megaranto – 6,5 poin
  5. IM Gilbert Elroy Tarigan – 6 poin
  6. IM Uurtsaikh Agibileg – 5,5 poin
  7. IM Xiangyi Liu – 5 poin
  8. IM Medina Warda Aulia – 5 poin
  9. IM Yoseph Theolifus Taher – 4,5 poin
  10. GM Eugenio Torre – 4,5 poin
  11. IM Azarya Jodi Setyaki – 3,5 poin
  12. GM Thien Hai Dao – 2,5 poin

Kategori IM:

  1. FM Arif Abdul Hafiz – 8 poin
  2. IM Farid Firman Syah – 8 poin
  3. FM Khuyagtsogt Itgelt – 7 poin
  4. IM Mohamad Ervan – 7 poin
  5. FM Surya Wahyudi – 6 poin
  6. IM Jan Emmanuel Garcia – 6 poin
  7. FM Muhamad Agus Kurniawan – 5,5 poin
  8. FM Cecep Kosasih – 5,5 poin
  9. WGM Nguyen Thi Mai Hung – 5 poin
  10. IM Zaw Htun Wynn – 4 poin
  11. WIM Ummi Fisabilillah – 3 poin
  12. FM Peter Long – 1 poin

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #kejutan #aditya #bagus #arfan #juara #kategori #grand #master

KOMENTAR