Pengamat Australia Kritik Wasit usai Rizky Ridho Dikartu Merah: Keputusan Terburuk yang Pernah Lihat
Wasit Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan, Shen Yinhao. (Dok. AFC)
17:00
30 April 2024

Pengamat Australia Kritik Wasit usai Rizky Ridho Dikartu Merah: Keputusan Terburuk yang Pernah Lihat

Pengamat sepak bola asal Australia, Paul Williams, sampai merasa ikut geregetan melihat kinerja wasit saat Timnas Indonesia U-23 menghadapi Uzbekistan U-23 pada laga semifinal Piala Asia U-23 2024.

Sebab, ada beberapa keputusan kontroversial yang diambil oleh wasit saat Timnas Indonesia U-23 berduel melawan Uzbekistan U-23 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Senin (29/4/2024) malam WIB.

Paul William mengatakan, salah satu titik yang paling membuat geleng-geleng kepala ialah ketika wasit asal China, Shen Yinhao, memberikan kartu merah kepada kapten Timnas Indonesia U-23, Rizky Ridho.

Shen Yinhao mengambil keputusan ini setelah meninjau rekaman ulang yang ditayangkan melalui video assistant referee (VAR). Kondisi ini akhirnya membuat Garuda Muda harus berjuang dengan 10 pemain.

Bagi William, yang menjadi produser dan ko-host dari siniar The Asian Game itu, ini adalah keputusan paling buruk yang pernah terjadi dalam sepak bola. Menurutnya, VAR sudah merusak sepak bola.

VAR benar-benar merusak sepak bola. Saya ulangi. Kartu merah yang diberikan kepada Rizky Ridho adalah salah satu keputusan terburuk yang pernah kalian lihat,” tulis Paul William melalui akun X, Selasa (29/4/2024).

Terlepas dari sisi kontroversial pada pertandingan ini, penulis lepas yang fokus terhadap isu-isu sepak bola di kawasan Asia itu tetap memberikan kredit khusus bagi penampilan ciamik Timnas Uzbekistan U-23.

Pasalnya, skuad White Wolves telah menampilkan permainan yang lebih baik ketimbang Garuda Muda. Hal ini tak terlepas dari pekerjaan panjang Federasi Sepak Bola Uzbekistan (UFA) yang serius membenahi sepak bolanya.

“Namun, tidak ada yang bisa diambil dari Uzbekistan, yang tampil lebih baik sepanjang malam dan layak mendapatkan kemenangan ini,” tulis Paul.

“Ini merupakan puncak kerja dan perencanaan bertahun-tahun dari UFA untuk mempersiapkan generasi ini menghadapi momen ini. Sejarah tercapai,” tambahnya.

Bagi Timnas Uzbekistan U-23, kesuksesan menumbangkan Timnas Indonesia U-23 ini merupakan sejarah baru. Sebab, ini menjadi kali kedua mereka berhasil lolos ke partai final Piala Asia U-23 2024.

Sebelumnya, mereka pernah mengukir pencapaian serupa pada edisi 2018. Ketika itu, Uzbekistan yang berstatus sebagai tuan rumah sukses keluar sebagai jawara Piala Asia U-23 2024.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #pengamat #australia #kritik #wasit #usai #rizky #ridho #dikartu #merah #keputusan #terburuk #yang #pernah #lihat

KOMENTAR