Klasemen Grup D Piala Asia 2023: Di Bawah Vietnam, Timnas Indonesia Peringkat Buncit
Para pemain Timnas Indonesia menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya pada laga Piala Asia 2023 kontra Irak di Stadion Ahmed bin Ali, Al Rayyan, Qatar, Senin (15/1/2024) malam WIB. [KARIM JAAFAR / AFP]
14:00
16 Januari 2024

Klasemen Grup D Piala Asia 2023: Di Bawah Vietnam, Timnas Indonesia Peringkat Buncit

Timnas Indonesia sementara berada di dasar klasemen usai rampungnya matchday 1 Grup D Piala Asia 2023. Skuad Garuda membuka kampanyenya di Piala Asia Qatar dengan kekalahan lawan Irak.

Timnas Indonesia takluk dengan skor 1-3 dari tim Asia Barat itu pada laga Grup D yang digelar di Stadion Ahmed bin Ali, Al Rayyan, Qatar, Senin (15/1/2024) malam WIB, walaupun sempat bermain lebih baik dari pertemuan melawan Irak dua bulan lalu saat kalah 1-5 di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Skuad Garuda sempat menyamakan kedudukan lewat Marselino Ferdinan (37') setelah sebelumnya tertinggal lebih dahulu melalui gol Mohanad Ali (17').

Namun, dua gol yang dilesatkan Osama Rashid (45+7’) dan Aymen Hussein (75’) membuat pasukan Singa Mesopotamia --julukan Timnas Irak-- memenangi laga dengan skor 3-1.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia menjadi juru kunci klasemen sementara Grup D dengan tanpa poin dan minus dua gol.

Sebenarnya, jumlah poin Timnas Indonesia sama dengan Vietnam. Pada matchday pertama, Vietnam kalah dengan skor 2-4 dari Jepang.

Indonesia dan Vietnam sama-sama belum mendapatkan poin dan selisih gol minus dua. Namun, Vietnam berada di posisi yang lebih baik daripada Indonesia. Vietnam punya jumlah gol memasukkan dan poin disiplin lebih baik.

Sementara untuk Irak, kemenangan ini membuat mereka membuntuti Jepang di posisi kedua dengan poin yang sama yaitu 3 poin.

Klasemen Piala Asia 2023 Grup D:

klasemen

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #klasemen #grup #piala #asia #2023 #bawah #vietnam #timnas #indonesia #peringkat #buncit

KOMENTAR