Pelatih Irak Sindir Shin Tae-yong Soal Gol Offside: Wasit Adil, Kami Menang karena Performa
Pelatih Timnas Irak, Jesus Casas saat konferensi pers jelang laga lawan Indonesia. (ANTARA/Yusron Uccang)
11:42
16 Januari 2024

Pelatih Irak Sindir Shin Tae-yong Soal Gol Offside: Wasit Adil, Kami Menang karena Performa

Pelatih Irak, Jesus Casas menyindir Shin Tae-yong yang mengklaim kekalahan Timnas Indonesia sedikit banyak dipengaruhi keputusan wasit yang mengesahkan gol kedua Singa Mesopotamia.

Timnas Indonesia harus menelan kekalahan 1-3 dari Irak dalam matchday pertama Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Ahmad bin Ali, Al-Rayyan, Qatar, Senin (15/1/2024) malam.

Gol kedua Irak mengundang kontroversi karena dalam prosesnya dianggap sudah lebih dulu terjadi offside.

Shin Tae-yong melayangkan kritik keras terhadap kepemimpinan wasit di laga ini yang dianggap merugikan timnya. Pernyataan itu pun direspons pedas oleh Jesus Casas.

Dia menegaskan Irak berhasil menang atas Timnas Indonesia karena permainan yang baik. Terkait polemik gol offisde, dia bahkan menyebut wasit telah menjalani tugas dengan adil.

“Tidak ada yang salah dengan wasit dan menurut saya wasit bersikap adil," kata Jesus Casas dilansir dari TheThao247, Selasa (16/1/2024).

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong. (pssi.org)Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong. (pssi.org)

"Saya menghormati pernyataan pelatih Indonesia (Shin Tae-yong), tapi kami menang berkat performa dan penguasaan pertandingan, bukan apa yang dia katakan."

Lebih lanjut, Casas menganggap kemenangan atas Timnas Indonesia menjadi modal berharga untuk timnya. Apalagi, di matchday selanjutnya Irak akan berhadapan dengan Jepang.

Seperti diketahui Jepang adalah kandidat kuat juara Grup D. Irak dinilai butuh kerja keras untuk bisa mencuri poin dari Samurai Biru.

“Ini pertandingan pertama dan biasanya ada tekanan di turnamen seperti Piala Asia. Besok pagi, kami akan bekerja untuk mempersiapkan pertandingan berikutnya melawan Jepang," kata Casas.

"Sepak bola selalu menunjukkan kesalahan pemain dan kami sering berusaha memperbaikinya."

"Semua pertandingan akan sulit. Faktanya, Jepang adalah tim terkuat di grup dan kami mungkin akan melakukan beberapa perubahan pertandingan demi pertandingan. Tim Irak harus istirahat dan memulihkan diri, lalu memikirkan bagaimana mereka akan menghadapi Jepang."

"Gaya bermain kami mirip dengan mereka. Namun saya tidak ingin membeberkan rencana saya, Anda akan melihatnya pada pertandingan mendatang melawan Jepang," tutupnya.

Adapun Timnas Indonesia berikutnya akan menghadapi Vietnam. Duel tersaji pada 19 Januari 2024.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #pelatih #irak #sindir #shin #yong #soal #offside #wasit #adil #kami #menang #karena #performa

KOMENTAR