From Zero to Hero, Komang Teguh Sudah Layak Bela Timnas Indonesia Senior?
Pemain Timnas Indonesia U-23, Komang Teguh saat menjalani latihan bersama Borneo FC. [dok.Borneo FC]
22:48
18 April 2024

From Zero to Hero, Komang Teguh Sudah Layak Bela Timnas Indonesia Senior?

From zero to hero, itulah Komang Teguh yang mencuri perhatian di laga Timnas Indonesia U-23 vs Australia sejauh ini di matchday 2 Grup A Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Qatar, Kamis (18/4/2024) malam WIB.

Komang Teguh sempat jadi 'pesakitan' setelah di pertengahan babak pertama jadi penyebab Timnas Indonesia U-23 dihukum penalti.

Pemain 21 tahun yang fasih bermain sebagai bek tengah dan gelandang bertahan itu dianggap handsball di area terlarang. Beruntung, kiper andalan Timnas Indonesia U-23, Ernando Ari mampu menyelamatkan penalti Australia pada menit ke-25.

Setelah momen tersebut, Komang bahkan sempat diganjar kartu kuning oleh wasit.

Akan tetapi, jelang rampungnya babak pertama, pemain Borneo FC itu muncul sebagai hero bagi Timnas Indonesia U-23.

Komang mencetak gol lewat tandukan yang membawa Timnas Indonesia U-23 unggul 1-0 pada menit ke-45, memanfaatkan kemelut di depan gawang Australia.

Fakta menarik soal Komang Teguh, pemain jebolan SKO Ragunan ini belum mencatatkan cap alias membuat penampilan di Timnas Indonesia senior meski sudah berusia 21 tahun.

Komang sudah membuat total 12 caps bersama Timnas Indonesia U-19 dan U-23, tapi memang sang pemain serba bisa belum mendapatkan kepercayaan dari pelatih Shin Tae-yong (STY) untuk tampil di level senior bersama skuad Garuda.

Padahal, performa Komang di level klub pun cukup ciamik. Ia relatif belum jadi pilihan utama di klubnya, namun persaingan internal antarposisi di Borneo FC, yang perkasa di puncak klasemen BRI Liga 1 2023/2024 sepanjang musim ini, memang terbilang ketat.

Meski demikian, Komang tetap mampu membuat 12 penampilan bersama Borneo FC sejauh ini di Liga 1 2023/2024, bahkan turut menyumbang 1 gol sebagai pemain belakang.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #from #zero #hero #komang #teguh #sudah #layak #bela #timnas #indonesia #senior

KOMENTAR